PKBM Assolahiyah Bersih-bersih Pantai Tanjungbaru

KARAWANG, KarawangNews.com - Menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, puluhan anak-anak beserta orang tua mereka memungut sampah plastik yang berceceran di Pantai Tanjungbaru, Kecamatan Cilamaya Kulon, Minggu (1/5/2016) pagi. Bakti sosial ini merupakan kegiatan Edu Green yang dilakukan PKBM Assolahiyah.

"Edu Green ini yaitu mendidik generasi dan masyarakat untuk peduli lingkungan, terutama menjaga ekosistem laut dan lingkungan daerah pesisir pantai dari bahaya sampah plastik non organik," kata pengelola PKBM Assolahiyah, Heru Saleh, di sela kegiatan itu.

Kegiatan bersih-bersih ini melibatkan seluruh peserta PKBM Assolahiyah, termasuk dua lembaga PAUD yang bernaung ke dalam Assolahiyah, yaitu PAUD Al Firdaus Desa Muktijaya dan PAUD Assolahiyah Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon.

Dijelaskan Heru, selain membersihkan sampah di pantai, sejumlah anak-anak PAUD dan seluruh peserta PKBM menggelar prakarya atau pelatihan membuat kerajinan dari barang bekas. Kata dia, diperlukan 50 sampai 100 tahun untuk mengurai plastik dan setiap harinya sampah yang masuk ke laut sekitar 6,4 juta ton.

"90% sampah yang masuk ke laut adalah plastik, sedikitnya 1 juta hewan laut mati akibat tercemar sampah plastik," ungkap Heru.

Kata dia, pemasok sampah plastik terbesar adalah supermarket yang telah membuang sebanyak 17 miliyar kantong plastik setiap tahunnya. Untuk itu, PKBM Assolahiyah memberi edukasi soal kebersihan laut, dimulai dari pantai. Dia menegaskan agar warga yang berwisata ke pantai mengurangi bungkus plastik, mencegah plastik jadi sampah pantai.

"Ini juga bertepatan dengan Hari Buruh, kita tidak ikut demo ke Jakarta, kita bersih-bersih pantai," kata dia, menyebutkan beberapa peserta PKBM Assolahiyah banyak yang bekerja sebagai buruh pabrik.

Diketahui, selain banyak peserta PKBM yang bekerja di pabrik, beberapa diantaranya memiliki usaha mandiri pengolahan makanan dan pengrajin konveksi, unit usaha tersebut tergabung dalam Kelompok Usaha dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (KUPEK). (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -