Peserta UN Kesetaraan Masih Terganjal Izin Kerja

KARAWANG, KarawangNews.com - Tidak mendapat izin dari perusahaan tempat bekerja masih jadi alasan bagi peserta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tidak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) Kesetaraan Paket B yang dilaksanakan 9-11 Mei 2016.

Seperti UN Kesetaraan Paket B yang dilaksanakan di SDN Nagasari II, dari 4 PKBM yang melaksanakan UN di satu sekolah ini, jumlah yang tidak hadir mencapai 27 orang dari 94 orang peserta seluruhnya.

4 PKBM itu yakni, PKBM Cepat Tepat dengan jumlah peserta ujiannya sebanyak 45 orang, PKBM Aditya berjumlah 12 orang, PKBM Tunas Mandiri sebanyak 11 orang dan PKBM Bina Sejahtera sebanyak 26 orang.

"Bahkan ada laporan, peserta UN ini diberi dua pilihan oleh perusahaannya, tetap bekerja atau dikeluarkan jika kekeh ikut ujian, ini dilematis," kata Bendahara Pelaksana UN Kesetaraan Paket B Rayon Karawang, Didin, Selasa (10/5/2016) saat mengawasi pelaksanaan ujian di SDN Nagasari II.

Namun begitu, ada juga karyawan pabrik peserta ujian yang telat meminta izin kepada perusahaannya, sehingga dia tidak bisa ikut ujian. Padahal, jika meminta izin jauh hari sebelumnya, pihak perusahaan bisa mengatur jadwal shift, agar peserta ujian ini bisa ikut UN kesetaraan.

"Alasan peserta UN Kesetaraan Paket C dan B sama, mereka tidak ikut ujian karena bekerja, padahal jika serius ini bisa disiasati waktu bekerjanya, agar bisa tetap ikut ujian," ucap Didin, yang juga pengelola PKBM Cepat Tepat.

Di tempat sama, Ketua Pelaksana UN Kesetaraan Paket B Rayon Karawang, Dede Rosmiyati menyebutkan, pelaksanaan UN Kesetaraan ini dibagi 6 rayon atau komisariat, sama seperti rayon sekolah formal.

6 Rayon itu yaitu Rayon Karawang, Rengasdengklok, Cikampek, Telagasari, Cilamaya dan Rayon Telukjambe. Se-komisariat Karawang ada 7 PKBM yang melaksanakan ujian dengan jumlah peserta ujian sebanyak 251 peserta laki-laki dan 161 peserta perempuan.

Selain 4 PKBM tersebut, PKBM lainnya yang masuk Rayon Karawang yaitu PKBM Bina Bakti sebanyak 52 peserta, Puspita Karawang Timur sebanyak 57 peserta dan PKBM Riksa Ilmu sebanyak 48 peserta. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -