Kemenag Wacanakan Karawang Menuju Kota Santri

KARAWANG, KarawangNews.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang punya konsep kota santri dengan mendirikan Diniyah Takmiliyah Wustho (DTW) mulai ajaran tahun 2016-2017 ini. Lembaga pendidikan keagamaan ini setara MTs/SMP, bedanya DTW merupakan lembaga non formal keagamaan.

Diperkirakan setengahnya dari 24.475 santri lulusan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) atau sekitar 12 ribu santri akan masuk DTW. Namun begitu, diharapkan semua  lulusan DTA bisa melanjutkan ke DTW untuk mewujudkan pencanangan Karawang Kota Santri. Jumlah 24.475 santri tersebut merupakan data santri yang mengikuti Ujian Akhir Diniyah (UAD) yang dilaksanakan April 2016.

Kasi Pendidikan Diniyah (PD) Pontren, Drs. H. Wirmo, M.Si didampingi Staff PD Pontren, H. Zaini Dahlan, Kamis (28/4/2016) siang menjelaskan,  diniyah adalah program pendidikan yang melengkapi pendidikan keagamaan secara formal, tetapi ini jadi variabel penting di pendidikan, karena pelajaran agama di sekolah umum dianggap kurang secara kuantitas.

"Sekolah formal pertemuannya hanya 4 jam selama seminggu, maka diniyah dianggap penting bagi pendidikan anak," jelas Wirmo.

Rencananya, DTW akan mulai dilaksanakan tahun ajaran baru 2016-2017 ini di seluruh Kabupaten Karawang. Dengan demikian, diharapkan Pemda bisa mengimplementasikan Perda Diniyah melalui Dinas Pendidikan, minimal ada edaran oleh bupati ke SD dan SMP.

Selain ke bupati, ini pun harus mendapat dukungan DPRD Karawang, agr aturan Perda Diniyah ditambah klausul pendidikan Diniyah Wustho. DTW ini sebenarnya ide lama, kata Wirmo, tetapi baru didengungkan oleh Kepala Kemenag H. Sopian yang saat ini baru menjabat.

"Setelah lulus DTW, idelanya dilanjutkan ke Ulya, tetapi di Karawang belum dibentuk, menunggu perkembangan dinamika masyarakat, sementara dari DTW melanjutkan ke SMA, SMK atau MA," jelasnya.

Kata dia, pelaksanaan DTW ini liding sektornya PD Pontren Kemenag Karawang, tetapi semua seksi di Kemenag akan bersinergi untuk mendukung terciptanya Karawang menuju kota santri. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -