Kejaksaan Geledah KPU Karawang, Terkait Dugaan Korupsi Pilkada

KARAWANG, KarawangNews.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Jawa Barat dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Karawang menggeledah kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis (19/5/2016) siang. Setelah sekitar 3 jam menggeledah, kejaksaan berhasil memboyong sebanyak 9 box berkas dari KPU.

Penggeledahan ini terkait dugaan korupsi Alat Peraga Kampanye (APK) yang dilakukan KPU pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang tahun 2015 kemarin.

Diketahui, kasus dugaan korupsi yang dilakukan KPU Karawang dengan pihak ketiga atau pemenang tender APK mencuat pasca Pilkada Karawang, setelah KPU menetapkan pasangan dr. Cellica Nurrachadiana dan H. Ahmad Zamakhsyari sebagai bupati dan wakil bupati Karawang terpilih periode 2016-2021.

Sejauh ini, tercatat ada 60 orang diperiksa terkait dugaan korupsi KPU Karawang dari beberapa instansi, diantaranya komisioner KPU Karawang, termasuk pemenang tender APK yakni Percetakan Agil yang beralamat di Jalan By Pass Karawang Barat. Sehingga, kantor Percetakan Agil pun tak luput digeledah petugas kejaksaan, usai menggeledah kantor KPU.

Sementara, hasil penyelidikan Kejari Karawang, negara telah dirugikan sekitar Rp 1, 3 milyar dari dugaan korupsi yamg dilakukan KPU Karawang, dari total anggaran Rp 59 milyar untuk penyelenggaraan Pilkada Karawang 2015. 

Riesza Affiat.
Usai penggeledahan, Ketua KPU Karawang, Riesza Affiat menyatakan, pihaknya menghormati proses hukum yang dilakukan Kejati dan Kejari terhadap institusi yang dipimpinnya. Penggeledahan ini diakuinya, proses lanjutan yang dilakukan kejaksaan, dari pemeriksaan yang dilakukan kejaksaan sebelumnya.

"Berkas yang dibawa ialah berkas terkait keuangan dan aturan-atuaran penyelenggaraan Pilkada," kata Riesza, menyatakan dia mengizinkan petugas kejaksaan membawa berkas tersebut. (had/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -