Jimmy Minta Restu Menaker, 'Lounching' Pemberdayaan CSR

JAKARTA, KarawangNews.com - Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) meminta restu kepada Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Hanif Dhakiri untuk 'lounching' Program Industri Berbagi melalui pemberdayaan Corporate Social Responsibility (CSR) di Jakarta, Senin (30/5/2016) sore.

Program Industri Berbagi ini sebagai penjajakan awal pemerintahan Bupati Cellica Nurrachadiana dan Wakil Bupati H. Ahmad Zamakhsyari untuk menggugah perusahaan di Kabupaten Karawang, terutama pabrik-pabrik di kawasan industri agar menyalurkan CSR-nya untuk infrastruktur dan pembangunan ekonomi rakyat.

Sebelumnya, CSR pabrik disalurkan ke masyarakat secara sporadis, tidak melihat aspek kebutuhan pembangunan infrastruktur, tetapi hanya sebagai kewajiban perusahaan yang sifatnya untuk lingkungan sekitar perusahaan.

Di pemerintahan Cellica-Jimmy ini, CSR diatur sedemikian rupa, sehingga penyalurannya bisa merata ke seluruh pelosok Kabupaten Karawang. Penyaluran CSR ini akan melewati Forum CSR yang telah dibentuk Pemkab Karawang, untuk memberdayakan CSR agar tepat sasaran pada pembangunan di pedesaan.

Diakui Jimmy, Hanif Dhakiri sangat setuju dengan gagasan ini, sebab konsep ini dirasa bisa mengatasi lemahnya pembangunan di tiap desa yang luput dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Karawang.

"Pak menteri setuju banget," kata Jimmy.

Rencananya, peluncuran Program Industri Berbagi ini akan dilaksanakan sebelum masuk bulan Ramadhan 2016 ini,  seluruh perusahaan dari semua kawasan dan zona di Kabupaten Karawang akan diundang.

Program Industri Berbagai ini merupakan kelanjutan dari kunjungan kerja wakil bupati ke sejumlah perusahaan terhitung setelah pasangan Cellica-Jimmy dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Karawang tahun 2015 kemarin.

Sebelumnya, Jimmy 'door to door' ke perusahaan untuk mensosialisasikan CSR dan soal ketenagakerjaan. Pada sosialisasi itu Jimmy menyampaikan, CSR kini dikoordinir agar bisa benar-benar tersalurkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Sehingga, sebanyak 309 desa dan kelurahan se-kabupaten akan memperoleh CSR masing-masing 70 persen dari tiap perusahaan, sedangkan 30 persennya akan diberikan oleh perusahaan ke satu desa tempat berdirinya perusahaan itu.

Selain menjumpai Menteri Tenaga Kerja, Jimmy didampingi Manajer Persika Karawang, Rakhmat Gunadi bersilaturahmi ke Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nachrowi. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -