Wabup Jimmy Cek-Cok Dengan Manajemen PT Yamaha

KARAWANG, KarawangNews.com - Pada kunjungan kerja ke PT Yamaha, Selasa (19/4/2016) pagi, Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) cek-cok dengan manajemen pabrik motor tersebut. Pasalnya, pihak manajemen 'ngotot' mengaku perusahaannya rugi di tahun 2015, sehingga hanya bisa mngeluarkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Rp 50 juta.

"Jika perusahan ini rugi, maka akan bangkrut. Ruginya berapa rupiah?" tanya Jimmy.

Ditanya soal itu, pihak manajemen tidak mengungkapkan kerugiannya, sehingga Jimmy menyatakan, akan mengecek pajak PT Yamaha, untuk mengetahui profit perusahaan motor besar di Indonesia ini.

Cek-cok antara wakil bupati dan pihak manajemen PT Yamaha ini membuat suasana di ruang rapat tegang, karena keduanya mengemukakan argumen yang saling bertentangan. Jimmy berusaha mengemukakan regulasi pemerintah, tetapi pihak manajemen seolah enggan mendengarkannya dan melakukan pembelaan.

Jengkel menghadapi manajemen perusahaan ini, Jimmy mengancam akan mencabut ijin tenaga asing di perusaahaan Yamaha. Kemudian, Jimmy 'walk out' dari ruang pertemuan itu menuju mobilnya dan langsung melanjutkan perjalanan sidak ke pabrik berikutnya.

Tak hanya soal CSR, di parik Yamaha ini, Jimmy pun menolak paparan dari manajemen pabrik ini yang menyatakan jumlah tenaga kerja asal Karawang sebanyak 2.632 karyawan atau 59%, sedangkan tenaga kerja non Karawang sebanyak 1.801 karyawan atau 41% dari jumlah total 4.433 karyawan.

Kepada wartawan, Jimmy mengungkapkan, bohong jika PT Yamaha ini telah merekrut tenaga lokal Karawang sebanyak 59%, dia menyebutkan pabrik motor ini hanya merekrut sekitar 20% tenaga kerja asal Karawang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, H. A. Suroto menyatakan, soal cabut izin tenaga asing ini sepenuhnya kewenangan pimpinan daerah, bukan kewenangannya.

"Soal itu saya serahkan kepada pimpinan daerah," kata dia.

Ketika wartawan akan mengklarifikasi soal kejadian ini, pihak manajemen PT Yamaha tutup mulut dan segera meninggalkan ruang rapat, untuk menghindari pertanyaan para wartawan yang mengikuti sidak wakil bupati. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -