Wabup Jimmy Berlakukan Moratorium Tenaga Kerja Pabrik

KARAWANG, KarawangNews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang menutup kesempatan kerja bagi warga luar Karawang, dengan ditetapkannya moratorium yang mulai berlaku Selasa (12/4/2016) hingga semua perusahaan bisa melaksanakan Perda No. 1 Tahun 2011 tentang tenaga kerja.

Moratorium ini diungkapkan Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) di sela agenda sidak ke pabrik-pabrik di  kawasan industri KIIC Karawang, Selasa siang. Kata dia, moratorium ini dikeluarkan karena banyaknya pengangguran warga asli Karawang.

Ini yang menjadi alasan Pemerintah Kabupaten Karawang  melakukan moratorium bagi pekerja asal luar Karawang.
Pemerintah Kabupaten Karawang sebelumnya telah menerbitkan Perda No. 1 Tahun 2011 tentang ketenakerjaan,  perusahaan yang berada di wilayah Karawang wajib mempekerjakan warga asli Karawang minimal 60 persen,  sementara bagi pekerja di luar daerah sebesar 40 persen.

"Alasaan diberlakukan moratorium ini karena banyaknya perusahaan berdiri, tetapi banyak warga asli Karawang yang justru menjadi pengangguran," tandas Jimmy.

Moratorium diberlakukan mulai hari ini, hingga kuota karyawan pabrik di Karawang mempekerjakan sebanyak 60 persen warga  Karawang dan 40 persen tenaga kerja dari luar Karawang.

"Terhitung mulai 12 April hari ini, Pemerintah Kabupaten Karawang memberlakukan moratorium lowongan pekerja bagi warga asal luar Karawang yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Karawang," kata Jimmy.

Saat ini sebanyak1.586 pabrik tersebar di 4 kawasan industri di Karawang dan Jimmy menyatakan, akan bertindak tegas terhadap pelanggar moratorium ini. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -