Sidak Pemkab Karawang Memanas, Banyak Pabrik Bohongi Pemerintah

KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamaksari naik pitam mengetahui PT Astra Honda Motor (AHM) menyalurkan dana Coporate Sosial Respponsbility (CSR) menggunakan dana pemberian pengusaha limbah. Menurutnya dana CSR harus bersumber dari laba perusahaan per tahunnya yang digelontorkan untuk masyarakat Karawang.

"Masa CSR menggunakan uang dari pengusaha limbah gak bener itu. Perusahaan seperti ini gak bisa dibiarkan harus ditindak," kata Ahmad Zamaksari yang mendapat julukan Ahok Karawang, saat mendampingi Bupati Cellica Nurachadiana sidak ke sejumlah perusahaan, Kamis (7/4/2016).

Ahmad Zamaksari atau biasa disapa Jimmy ini mengatakan, saat sidak di PT AHM dia meminta penjelasan kepada manajemen PT AHM, bagaimana penyaluran dana CSR yang dilakukan perusahaan selama ini. Pihak perusahaan menjelaskan penyaluran dana CSR diberikan kepada masyarakat sebesar Rp1,2 miliar.

Ketika dicecar bagaimana hitungannya hingga CSR perusahaan mencapai angka Rp1,2 miliar pihak manajemen mengaku tidak memiliki hitungan dan hanya berdasarkan pemasukan  dari pengusaha limbah yang memiliki hubungan bisnis limbah ekonomis dengan perusahaan.

"Kalau hitungannya seperti itu jadi gak jelas. Ini kan perusahaan besar masak mereka gak tahu soal CSR," kata Jimmy.
Dijelaakan Jimmy, dari hasil sidak terbukti masih ada saja perusahaan yang tidak jujur dalam hal penyaluran dana CSR. Dia meyakini sebenarnya perusahaan itu sudah mengerti tentang  aturan dana CSR.

Berdasarkan UU No 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas mengamantkan perusahaan harus mendonasikan 2,5 persen dari laba perusahaan setiap tahunnya, tapi dalam kenyataannya banyak perusahaan tidak patuh dengan aturan tersebut.

"Mereka berani berbohong karena kita tidak tegas, tapi mulai saat ini  kita akan tegas meminta mereka mengikuti aturan," katanya.

Menurut Jimmy,  Kota Pangkal Perjuangan di bawah kepemimpinan Cellica, dalam 100 hari pemerintahan salah satunya fokus  membenahi pengelolaan dana CSR. Sebab, sebagai daerah industri potensi CSR sangat signifikan menbantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Kondisi sekarang ini terkesan kita dibohongi terus oleh pihak perusahaan. Makanya kita benahi mulai sekarang agar CSR ini memiliki manfaat yang jelas buat masyarakat Karawang," tegasnya.

Dengan tindakan tegas dari pemerintah daerah, kata Jimmy, perusahaan tidak bisa lagi melecehkan wibawa pemerintah. Bahkan ada peristiwa memalukan, ada perusahaan yang hanya bisa memberi satu ekor kambing untuk penyaluran CSR, ini tidak boleh terjadi lagi.

"Keterlaluan, masa sih dalam satu tahun perusahaan hanya bisa memberikan beberapa ekor kambing saat hari raya," pungkasnya. (ds)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -