Semua Sudah Lupa Pancasila

KARAWANG, KarawangNews.com - Generasi saat ini mengalami degradasi Pancasila, tidak hanya lulusan SD, yang sudah kuliah pun ada yang belum hafal lambang sila kedua Pancasila.

"Semua sudah lupa pada Pancasila, dulu lambang Pancasila terlihat di setiap rumah, tetapi saat ini di kelas sekolah pun kadang jarang terpampang Garuda Pancasila," kata anggota DPR RI, Dadang S. Muchtar, Sabtu (9/4/2016) di SMAN 5 Karawang.

Di sekolah ini, mantan Bupati Karawang Dadang S. Muchtar melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan para guru dan siswa, juga sosialisasi tentang Pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika.

Dia menjelaskan, Pancasila disusun secara hierarki dan piramidal, menempatkan hierarki sila kesatu sebagai dasar  Pancasila, 'Ketuhanan Yang Maha Esa'.

Sebab apabila bangsa Indonesia yang memeluk enam agama bisa melaksanakan akidah dengan baik, maka sila kedua tidak harus disuruh, yaitu 'Kemanusiaan yang adil dan beradab'.
"Sehingga sila pertama akan menjadi landasan sila kedua dan seterusnya," kata dia.

Dia menyayangkan, Pancasila yang dibuat oleh para pendahulu bangsa ini malah terabaikan oleh generasi saat ini. Padahal, jika semua mengacu pada Pancasila, bangsa ini makmur dan tidak ada kekacauan.

"Ini tugas guru agar mengajarkan Pancasila kepada muridnya, ini juga tugas kita semua untuk mengamalkannya," kata Dadang, kepada para guru.

Menanggapi hal ini, Kepala SMAN 5 Karawang, Drs. Agus Setiawan, M.Pd, mengakui, banyak generasi muda yang tidak hafal Pancasila.

"Bagaimana kita mencintai bangsa ini kalau dasar negaranya saja tida tahu," ungkapnya.

Dia berharap, siswanya bisa memaknai dan mengimplementasikan Pancasila dalam keseharian. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -