Sementara, Warga Pendatang Dilarang Buat KTP Karawang

Jimmy berbincang dengan warga Karawang yang mencari kerja di Disnaker.
KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Bupati Karawang,  Akhmad Zamaksyari (Jimmy) melarang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mengeluarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang luar Karawang, larangan ini hanya bersifat sementara, ini untuk pembenahan administasi, terkait banyaknya warga luar Karawang yang membuat KTP Karawang hanya untuk syarat bekerja di pabrik.

"Sementara Disdukcapil tutup mengeluarkan KTP untuk orang luar Karawang, utamakan orang Karawang terlebih dahulu," kata Jimmy, saat sidak ke kantor Disdukcapil, Rabu (20/4/2016).

Menurut Jimmy, pihaknya tengah memprioritaskan agar orang Karawang bisa masuk kerja di perusahaan dengan syarat KTP Karawang.

"Kita utamkan orang Karawang yang membuat KTP, karena dalam Perda sudah diatur 60 persen orang Karawang bisa bekerja di pabrik, selebihnya 40 persen baru orang luar Karawang," ujarnya.

Diakui Jimmy, cari kerja di Karawang sulit, tak sedikit warga Karawang yang menganggur. Dengan begitu, dia menegaskan perusahaan supaya memprioritaskan pribumi terlebih dahulu.

"Sebelum orang luar, makanya saya utamakan orang Karawang membuat KTP, terus melamar kerja lewat Disnaker, dijamin masuk kerja," kata Jimmy lagi.

Tak hanya Disdukcapil Jimmy juga melarang kepala desa  mengeluarkan surat domisili bagi warga pendatang, apalagi jika tujuannya mencari kerja di Karawang.

"Saya lihat ada domisili yang dikeluarkan desa, saya himbau jangan keluarkan domisili, nanti itu gelombang ke selanjutnya," tandas politisi PKB ini. (oca)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -