Kades Wadas Bantah Dapat Limbah Ekonomis dari PT IHARA

KARAWANG, KarawangNews.com - Kepala Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Junaedi membantah menerima limbah ekonomis yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di desanya dari PT IHARA produksi spare part kendaran motor yang berdiri di kawasan KIIC.

Bantahan itu diungkapkannya di hadapan manajemen IHARA di tengah sidak Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) ke pabrik itu, Kamis (14/4/2016).

"Bohong jika kita telah terima limbah ekonomis itu, saya jadi kepala desa sejak tahun 2006, pabrik ini belum pernah memberikan (limbah, red) untuk BUMDES Desa Wadas," kata Junaedi.

Diakui Junaedi, dia belum menerima apapun seperti yang dipaparkan HRD PT IHARA, yang menyebutkan sejak tahun 2008 pabrik ini telah memberikan limbah ekonomis ke Desa Wadas dan Desa Sukaluyu.

Menanggapi hal itu, penanggung jawab limbah B3 PT IHARA, Kristian menjelaskan, tahun 2008 pabriknya sudah bekerjasama dengan dua desa itu, bahkan pihaknya menyimpan format yang ditandatangani mantan Kepala Desa Sukaluyu, alm. Nurhalim, bahkan perjanjian dengan Desa Wadas pun melalui alm. Nurhalim.

"Ada formatnya dan surat resminya," kata Kristian, membela diri dengan bantahan serupa jika pabriknya melakukan laporan bohong kepada Wakil Bupati Karawang.

Untuk melerai hal itu, Jimmy meminta kepala desa dan pabrik berkoordinasi lagi, limbah B3 ekonomis harus diberikan kepada desa di sekitar pabrik itu berdiri sebagai BUMDES. Jika pemerintah desa tidak bisa mengelola, minimal bisa bekerjasama dengan pengusaha lokal, asal jangan dijual ke pengusaha luar.

"Saya tidak intervensi soal BUMDES, silahkan koordinasikan antara perusahaan dengan desa, tetapi pihak desa harus tetap melapor kepada pimpinan daerah (bupati, red)," kata Jimmy.

Di pabrik ini, wakil bupati meninjau manajemen perusahaan terkait CSR, limbah B3 termasuk rekrutmen tenaga kerja, sidak ke perusahaan ini sudah dilakukan wakil bupati selama dua pekan ini, untuk mensinergikan kepentingan perusahaan dengan pemerintah. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -