Hotel Menjamur, Tantangan Bagi SMK Perbankan Indonesia

KARAWANG, KarawangNews.com - Bisnis perhotelan di Karawang sudah menggeliat, terbukti dengan banyaknya hotel berdiri sejak tahun 2014 lalu, padahal sebelumnya masyarakat Karawang hanya mengenal Hotel Dewi, Hotel Bestin, Hotel Omega dan Hotel Karawang Indah.

Kini sudah berdiri hotel bintang lima, diantaranya Swiss-Belhotel, Hotel Resinda, Brits Hotel dan Hotel Delonix, termasuk Treepark.

Menanggapi hal ini, Kepala SMK Perbankan Indonesia, Bambang Pranowo menjelaskan, sekolahnya sudah membuka Jurusan Akomodasi Perhotelan sejak tahun 2015, ini untuk menjawab kebutuhan tenaga profesional perhotelan.

Kata dia, bisnis perhotelan menjadi masalah satu tolak ukur pembangunan daerah, ketika di suatu daerah sudah berdiri banyak hotel, ini artinya daerah tersebut memang banyak dikunjungi pebisnis dari luar daerah.

Diakuinya, selama ini tenaga profesional hotel yang ada di Karawang mayoritas bukan warga Karawang, mereka masih tenaga profesional dari luar daerah.

Dia memaparkan, bisnis hotel pun belum dipahami betul oleh masyarakat Karawang, sebab selama ini banyak yang menganggap hotel itu negatif, masyarakat hanya menerima satu sisi dari hotel yang berdiri, hanya dianggap tempat penginapan semalam untuk hal yang negatif.

"Ketika kita bepergian jauh, yang terpikir dimana kita tidur nanti malam, tentunya hotel menjadi pilihan bagi semua orang. Dengan banyaknya hotel di Karawang, maka ini tantangan bagi kita sebagai putra daerah untuk menjadi tenaga profesionalnya," jelas Bambang, Kamis (7/4/2016).

Bisnis hotel ini, sambung Bambang, akan mampu memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Karawang dan mampu membangun daerah.

Hingga kini, di SMK Perbankan Indonesia baru memiliki 25 siswi Jurusan Perhotelan, para siswi ini dididik menjadi tenaga kerja profesional di bidang perhotelan dan mereka lebih ditekankan skill komunikasinya.

Kini, sekolah tersebut membuka pendaftaran siswa baru, diantaranya Jurusan Administrasi, Perbankan dan Akomodasi Perhotelan. Target penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2016-2017 ini sebanyak 500 siswa yang akan dibagi menjadi 12 kelas. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -