Hari Bumi, Sengketa Lahan Harus Dituntaskan

KARAWANG, KarawangNews.com - Peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April diharapkan menjadi entry point dalam menyelesaikan sengketa-sengketa lahan di Karawang yang berujung pada perampasan hak para petani, hal ini disampaikan Anggota DPRD Karawang Indriyani, ST. Kamis (21/4/2016).

Lebih lanjut Indri mengatakan, dia tidak ingin sengketa lahan di Kabupaten Karawang ini terus berlarut-berlarut, khususnya sengketa lahan di tiga desa Kecamatan Telukjambe Barat seluas 350 Ha itu. Pemerintah, khususnya Pemkab Karawang harus mampu menyelesaikan konflik tanah ini dengan segera.

"Kita berharap momentum peringatan Hari Bumi Sedunia ini mampu menggerakan hati para pemegang kebijakan di Karawang untuk berbuat lebih nyata, untuk kepentingan petani," kata Indri.

Selain itu Kawasan Konservasi (Hutan Lindung) pun akhir-akhir ini menimbulkan sengketa yang berkepanjangan antara pemerintah dengan masyarakat. Akibatnya, banyak masyarakat yang menjadi korban jiwa dan harta benda, serta dipenjara akibat permasalahan ini.

Jika pemerintah tidak mengambil langkah-langkah strategis, maka pemenjaraan terhadap masyarakat yang bermukim di sekitar hutan akan terus terjadi. Padahal, mereka menggunakan hasil hutan hanya untuk kebutuhan. Sedangkan di sisi lain, jauh lebih banyak korporasi yang merusak lingkungan hidup dan tatanan sosial, sehingga semakin mendekatkan bumi pada kehancurannya.

Indri yang saat ini menjabat Ketua HKTI Karawang menegaskan, momentum Hari Bumi harus bisa menghentikan segala bentuk perampasan tanah dan kriminalisasi terhadap masyarakat yang bermukim di sekitar hutan, bebaskan para korban kriminalisasi, pulihkan nama baik dan hak-haknya, dan laksanakan reforma agraria sejati.

"Saya harap, momentum Hari Bumi bisa melindungi kaum tani dari desakan alih fungsi lahan pertanian yang semakin merajalela di Karawang, kita harus sama-sama mengawal agar para petani bisa terlindungi dari rongrongan para cukong atau bandar yang berduyun-duyun datang ke Karawang," paparnya. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -