Hari Autis Sedunia, Dewi Yul Berbagi Pengalaman

KARAWANG, KarawangNews.com - Di hari autis se-dunia, Sabtu (2/4/2016), Yayasan Cinta Sahabat Spesial menggelar talk show anak berkebutuhan khusus di Karawang Central Plaza (KCP). Nara sumber acara ini psikolog Dr. Rachmat Mulyono, tokoh nasional Saan Mustopa dan artis Dewi Yul yang bercerita pengalaman pribadi anaknya yang menyandang autis.

Acara ini diikuti sebanyak 25 anak autis dari lembaga pendidikan Amanda Karawang, serta para orang tua. Pada kesempatan ini, penyanyi Dewi Yul bercerita suka-duka mendidik dan membesarkan anaknya yang juga autis. Dia meminta para orang tua yang anaknya autis punya semangat tinggi dan tidak putus asa mendidik anaknya.

"Tidak boleh putus hati, tetapi cintai mereka dan sekolahkan mereka sesuai dengan kebutuhan mereka. Saya pun merasakan, pasti tekanan sosial yang dihadapi orang tua lebih berat," kata Dewi Yul.

Diakuinya, anak-anak autis tentunya sudah menerima keadaan mereka, justru yang harus diobati adalah orangtuanya, karena yang membuat anak minder dan terkucil disebabkan ulah orang tuanya sendiri. Padahal, anak spesial adalah anak yang butuh kasih sayang, rasa dicintai keluarga terdekatnya.

"Jadi jangan patah semangat dan malu menyekolahkan mereka ke Sekolah Luar Biasa (SLB)," jelasnya.

Sementara itu, Saan Mustopa memaparkan, anak-anak autis harus mendapatkan perlakuan khusus di tempat publik, jangan didiskriminasikan. Diakuinya, di balik kekurangannya ini, anak autis punya kelebihan.

"Ini adalah sebuah kenyataan yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran dan dedikasi, sebab mereka pun adalah titipan Tuhan," kata Saan.

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat ini berharap, kedepan anak-anak autis ini akan punya ruang khusus untuk mengembangkan potensinya.

Di tempat sama, pengelola SLB Amanda, Nurcholis menyatakan, acara ini untuk menggugah kepedulian masyarakat dan orang tua terhadap anak-anak autis. Sesuai tema talk show yaitu menggali potensi anak berkebutuhan khusus agar mandiri bagi dirinya dan berguna bagi sesama. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -