Gedung Baru BPJS Ketenagakerjaan Karawang Diresmikan

KARAWANG, KarawangNews.com - Selasa (5/4/2016), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan resmi menempati gedung baru di Jalan Surotokunto, No. 38, Karawang Timur, setelah sebelumnya berkantor di Jalan Bypass, Cinangoh. Gedung baru ini diresmikan Bupati Karawang, Dr. Cellica Nurrachadiana.

Direktur Umum dan SDM BPJS, Naufal Mahfudz memaparkan, saat ini jumlah perusahaan peserta yang terdaftar Kantor Cabang Karawang telah mencapai 1.495 perusahaan dengan jumlah pekerja Penerima Upah (PPU) sebanyak 223.000 orang, sedangkan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 3.546 orang serta untuk pekerja Jasa Konstruksi sebanyak 20.394 orang.

Sementara, pencapaian iuran Kantor Cabang Karawang pada Februari 2016 telah mencapai Rp137,1 miliar. Hal ini menunjukkan Kantor Cabang Karawang memiliki kinerja yang baik di awal tahun 2016.

Selain itu, pembayaran jaminan yang telah dilakukan di Kantor Cabang Karawang sepanjang tahun 2016 hingga Februari 2016 tercatat sebesar Rp52,3 miliar untuk Jaminan Hari Tua, kemudian Rp1,78 miliar untuk Jaminan Kecelakaan Kerja dan Rp1,14 miliar untuk Jaminan Kematian telah disalurkan kepada para pekerja dan ahli waris yang berhak.

"Ini menunjukkan komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam menjamin kesejahteraan pekerja dapat dilaksanakan dengan baik di Kantor Cabang Karawang," kata Naufal.

Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS, E. Ilyas Lubis menyatakan, kinerja BPJS Ketenagakerjaan secara keseluruhan pada bulan Februari 2016 telah mencatat kepesertaan hingga mencapai 19,3 juta tenaga kerja aktif dengan jumlah iuran total Rp6,11 triliun.

Selain itu, dana investasi yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan mencapai 85,03% dari target atau sebesar Rp209,61 triliun dengan hasil investasi sebesar Rp1,18 triliun atau setara dengan 5,56%.

Untuk mendukung pencapaian kinerja yang lebih baik serta peningkatan pelayanan kepada peserta di seluruh Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan telah didukung dengan 121 Kantor Cabang, 203 Kantor Cabang Perintis serta 1.130 jaringan Service Point Office (SPO) di kantor Bank yang bekerjasama, serta 58.593 Collecting Agent dengan 13 Aggregator.

"Ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang sangat baik untuk meningkatkan kinerja BPJS Ketenagakerjaan dan memberikan pelayanan dengan jangkauan lebih luas bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan," papar E. Ilyas Lubis.

Dengan demikian, kantor baru BPJS Ketenagakerjaan yang diresmikan ini dapat meningkatkan pelayanan dengan mengutamakan kenyamanan para peserta yang datang ke kantor-kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan, baik untuk mendapatkan informasi, melakukan pendaftaran maupun klaim.

Namun begitu, dukungan dari pemerintah daerah sangat penting agar BPJS Ketenagakerjaan dapat melaksanakan fungsinya dalam melindungi seluruh pekerja. Sebab, setiap Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan harus dapat menjalin kerjasama sinergitas yang optimal dengan pemerintah daerah, Kejaksaan Negeri dan instansi terkait lainnya untuk memastikan perlindungan kepada seluruh pekerja dari sektor formal dan sektor informal maupun proyek jasa konstruksi.  

Sehingga setiap pekerja dapat terlindungi dari risiko ekonomi dan sosial serta dapat berkontribusi positif bagi pembangunan di daerah. Sedangkan, peresmian gedung Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang ini dihadiri juga oleh Direktur Pembina Wilayah Jawa Barat, Amran Nasution, termasuk pejabat Kabupaten Karawang. (rls/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -