Pabrik Mesin Baru Toyota di Karawang Resmi Beroperasi

KARAWANG, KarawangNews.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membuka pabrik mesin baru di kawasan industri KIIC Karawang, pabrik ketiga Toyota di KIIC ini memproduksi mesin bensin alumunium bertipe R-NR untuk mobil penumpang dengan kapasitas produksi sebanyak 216.000 unit per tahun.

Dijelaskan Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nanomi pada peresmian pabrik mesin baru Toyota, Senin (7/3/2016) siang di kawasan industri KIIC Karawang, untuk membangun dan pengoperasioan pabrik ini, Toyota menanamkan investasi sebesar Rp 2,3 triliun.

Pabrik mesin Toyota ini merupakan pabrik pertama di dunia yang mengadopsi 'through line', yaitu konsep yang diaplikasikan dari sistem produksi Toyota, konsep ini seluruh proses produksi mesin yang terdiri dari pengecoran, permesinan dan perakitan berada di bawah satu atap. Pabrik Toyota ini menggunakan 20 hektar dari 150 hektar lahan yang tersedia.

"Pabrik mesin baru di Karawang ini adalah salah satu pabrik mesin Toyota terkini di dunia yang dilengkapi dengan desain dan teknologi terbaru," kata dia.

Pabrik ini memproduksi mesin bensin alumunium R-NR yang juga merupakan bagian dari jajaran mesin baru TMC dan akan diekspor ke negara-negara di Asia.

Pabrik mesin ini dirancang sebagai pabrik modern dengan teknologi terbaru untuk mencapai efesiensi tinggi, ini merupakan upaya Toyota global dalam membangun pabrik-pabrik yang kompetitif.

Ini tentunya akan mempersingkat waktu proses produksi dan mengurangi stok barang dalam produksi. Sebelumnya, proses casting atau pengecoran umumnya berada di lokasi terpisah dengan proses permesinan dan perakitan.

Pabrik mesin ini juga dibangun dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, implementasi dari 'inorganic sand core binder' atau pemakaran dengan suhu rendah dan proses pengerjaan yang lebih singkat dan 'high efficiency burner' atau pembakaran efesiensi tinggi.

Sehingga, pabrik ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penurunan penggunaan energidalam proses produksi, 'inorganic sand core binder' juga menghasilkan proses pengecoran yang bebas bau.

Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono menyatakan, Toyota membuat mesin R-NR berkapasitas 1,3 L dan 1,5 L dengan bahan baku lokal sekitar 80 persen, yaitu bahan baku yang disuplai dari 135 perusahaan.

Pada Nopember 2015, Toyota memperkenalkan Kijang Innova yang memiliki konten lokal hingga 85 persen, kemudian produksi Fortuner di awal Januari 2016 dengan kandungan lokal mencapai 75 persen dan kini mesin baru R-NR memiliki kandungan lokal sekitar 80 persen.

Toyota Indonesia mengekspor mesin R-NR dengan tujuan lima negara di kawasan Asia. Pada tahun 2016 ini rencananya sekitar 79.000 unit mesin R-NR akan diekspor dan kepercayaan yang diberikan kepada Toyota Indonesia ini memperkuat posisi Toyota Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor global Toyota untuk kendaraan dan mesin di Asia-Pasifik.

Toyota memposisikan Indonesia sebagai basisi produksi dan pemasok utama, tidak hanya untuk kendaraan, juga untuk mesin. Toyota telah melakukan bisnis di Indonesia selama 45 tahun dan yakin pada kemampuan Toyota Indonesia untuk dapat memenuhi tuntutan pasar otomotif domestik maupun global.

Toyota Indonesia juga telah mengekspor mesin bensin TR yang diproduksi di pabrik mesin Sunter Jakarta ke 12 negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin. Dalam 5 tahun terakhir, sekitar 51.500 mesin TR diekspor setiap tahunnya.

"Ekspor kendaraan Toyota dimulai pada tahun 1987 dengan produksi mobil Kijang yang merupkan generasi ketiga ke negara-negara di ASEAN dan Asia Pasifik," kata Warih.

Tahun lalu, Toyota mengekspor Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush dan Agya ke negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah dan Pasifik, jumlahnya mencapai 176.700 unit, ini merupakan pencapaian volume tertinggi bagi Toyota Indonesia. (rls/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -