Kabid PNFI Himbau PKBM, UN Kesetaraan Harus Berintegritas

KARAWANG, KarawangNews.com - Kabid PNFI Disdikpora Kabupaten Karawang, Amid Mulyana SE berharap, Ujian Nasional (UN) Kesetaraan Paket C tahun pelajaran 2015-2016 ini tingkat kehadirannya bisa mencapai 80 persen, sebab tahun lalu tingkat kehadiran hanya 60-70 persen.

"Masih ada waktu tiga hari, untuk memberitahukan kepada peserta di   PKBM masing-masing," kata Amid, saat memimpin rapat persiapan UN dengan pengelola PKBM, Rabu (30/3/2016) siang.

Dia menyampaikan, pengelola PKBM supaya memfasilitasi warga belajar (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) PKBM agar bisa mengikuti ujian yang akan dilaksanakan 4-7 April 2016, terutama peserta yang sedang bekerja di pabrik, agar PKBM  mengirimkan surat ijin mengikuti ujian untuk  karyawannya itu.

"Tingkat kehadiran di UN formal hanya nol koma, itu pun tidak ikut akibat peserta UN  mengalami kecelakaan, tetapi di UN non formal tingkat kehadirannya masih minim," kata dia.

Dia berharap semua PKBM punya tekad yang kuat dan integritas tinggi sesuai Standard Operational Procedur (SOP), untuk meningkatkan pendidikan, juga bisa menghindari kekurangan, diantaranya soal tingkat kehadiran yang harus lebih baik dibanding tahun lalu.

Selain tingkat kehadiran, Amid menegaskan, tidak ada toleransi bagi kecurangan di ujian ini, terutama bagi joki ujian, diancam hukuman pidana, sedangkan peserta ujiannya akan dikeluarkan dari lembaga pendidikannya.
Kata dia, apalah arti UN jika pada pelaksanaanya ada kecurangan dan kebocoran soal, sehingga UN ini harus berintegritas.

"Mudah-mudahan UN bisa dilaksanakan dengan menjunjung tinggi kejujuran dan   berintegritas," ucapnya.

Diketahui, jumlah peserta ujian non formal tahun ini sebanyak 2.925 orang dari 52 PKBM se-kabupaten, jumlah itu terdiri dari 2.167 peserta laki-laki dan 758 peserta perempuan.

UN non formal ini akan dilaksanakan di 6 lokasi, yaitu di SMKN 2 Karawang, SMAN 3 Karawang, SMK Tarunakarya 2 Karawang, SMKN 1 Karawang, SMK Binakarya 1 Karawang dan SMK Binakarya 2 Karawang.

Di hari pertama Ujian Paket C IPS, peserta akan mengikuti mata ujian Bahasa Indonesia dan Geografi, kemudian dihari kedua 5 April, mata ujiannya Matematika dan Sosiologi, kemudian 6 April mata ujiannya Bahasa Inggris dan Ekonomi, terakhir 7 April mata ujian Pendidikan Kewarganegaraan.

Sedangkan mata ujian untuk Paket C IPA hanya beda di mata ujian Bahasa Insonesia dan Kimia di hari pertama. kemudian ujian susulan akan dilaksanakan tanggal 11-13 April 2016. (spn)

Baca juga: 
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -