Empat Kepala OPD Karawang Diperiksa Jaksa

KARAWANG, KarawangNews.com - Empat kepala dinas di Kabupaten Karawang diperiksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang. Dinas tersebut ialah Kepala Inspektorat, Endang Soemantri, Kepala Kesbangpol, Sudjana, Kepala BKD, Haryanto dan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Dareah (DPPKAD) Kabupaten Karawang, Abdillah Mawardi Nur pada Senin (7/3/2016).

Pemeriksaan pimpinan intansi yang mengelola uang Negara ini tiada lain karena dugaan keterlibatan kasus korupsi pengadaan alat peraga kampanye Pilkada 2015 lalu di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang sebesar Rp59 miliar.

Abdilah Mawardi yang dimita keterangan oleh jaksa penyidik seputar kebijakan pemberian dana hibah dari Pemkab Karawang ke KPU.

"Kita meminta keterangan terkait pencairan dana hibah Pilkada sebesar Rp59 miliar kepada KPU. Pertanyaannya masih seputar anggaran yang diberikan Pemkab Karawang kepada KPU mulai dari perencanaan hingga hibah itu dilakukan," kata Kepala Seksi Pidana Khusus, Titin Herawati Utara didampingi penyidik Ziko Exstrada.

Mawardi diperiksa mulai pukul 8.30 Wib hingga pukul 11.30 Wib dan dicecar dengan 15 pertanyaan oleh jaksa penyidik. Penegak hukum yang mulai mengusut kasus korupsi di Karawang itu mencecar Mawardi mengenai mekanisme  bagaimana dana hibah tersebut sampai ke tangan KPU. 

"Sebagai pengelola keuangan dia tentunya mengetahui  banyak mekanisme pencairan dana hibah tersebut termasuk besarannya hingga dihibahkan ke KPU," katanya.

Menurut Titin, pemeriksaan Kepala DPPKAD merupakan lanjutan dari pemeriksaan  yang dilakukan oleh tim penyidik Kejari sebelumnya . Penyidik kejaksaan sudah melakukan pemeriksaan sedikitnya  terhadap 20 orang yang dimintai keterangan. 

"Bukan hanya pejabat KPU yang diperiksa oleh penyidik, namun sejumlah instansi seperti  pejabat Inspektorat, Kesbangpolinmas, DPPKAD, serta sekretariat Pemkab Karawang," jelasnya.
Titin mengatakan, tercatat  sudah 4 setingkat kepala dinas yang sudah diperiksa pihak kejaksaan yaitu Kepala Inspetorat, Endang Sumantri, Kepala Kesbangpol, Sudjana, Kepala BKD Haryanto dan Kepala DPPKAD, Abdilah Mawardi. 

"Iya kita sudah melakukan pemanggilan sejumlah pejabat setingkat eselon di sejumlah instansi Pemkab Karawang. Karena pemeriksaan kita masih seputar penganggaran dan ke organisasian KPU makanya tidak memanggil instansi yang terkait," katanya.

Titin mengaku hingga saat ini status pemeriksaan masih dalam tingkat penyelidikan sehingga semua pihak yang di panggil hanya dimintai keterangan. Namun dia memastikan jika sudah menemukan indikasi atau petunjuk adanya perbuatan melanggar hukum pihaknya tidak ragu untuk menaikan status menjadi penyidikan. 

"Kita bekerja kan mengikuti prosedur yang ada jadi ikuti saja perkembangan dari hasil pemeriksaan kita saat ini. Kalau untuk sekarang ini kita belum bisa memberikan kesimpulan karena pemeriksaan belum selesai," tandasnya. (rif)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -