Ristek dan PI Membina Siswa Jadi Tamatan Produktif

KARAWANG, KarawangNews.com - Untuk mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia industri, SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia (PI) menggelar Pembinaan Tamatan Produktif (PTP), Sabtu (27/2/2016), siang di aula SMK Ristek. Nara sumber PTP ini dari pelaku industri yaitu PT Dongsan Cikarang, serta Disnaker dan alumni sekolah.

Kepala SMK Perbankan Indonesia, Bambang Pranowo, PTP ini diberikan kepada siswa kelas XII ini supaya lulusan di dua sekolah yang bernaung dalam satu Yayasan Gema Cendikiawan Indonesia (YCGI) ini menjadi lulusan produktif, tidak hanya lulusan yang berorientasi kepada kerja di industri.

"Siswa-siswi ini harus peka dan memahami potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing untuk dikembangkan ke arah yang lebih optimal. Artinya, seberapa besar mereka berperan dan efektif, sehingga lulusan sekolah tidak hanya menjadi penghambat lowongan pekerjaan, tetapi menjadi aktor pembuka kesempatan kerja," kata Bambang.

PTP ini diadakan untuk menggugah kesadaran siswa yang akan lulus, ketika terjun ke masyarakat mereka akan memahami dan lebih dalam mengetahui berbagai persoalan dan tuntutan masyarakat, tidak gagap dan bingung, langsung mengambil peran yang ada di dalam dirinya.

"Siswa hanya melihat pekerjaan sebelah mata, padahal peluang pekerjaan bagi lulusan ini sangat banyak," jelasnya.

Melalui PTP ini, siswa tak hanya dipersiapkan bekerja di industri, tetapi disiapkan berwirausaha. Materi yang dipaparkan oleh nara sumber Maeyer Beni P. ST, dari PT Dongsan Cikarang ini memberikan perhatian penuh agar lulusan siswa dua sekolah ini bisa mandiri.

Kata Bambang, jelang Ujian Nasional (UN), PTP ini dilaksanakan dua episode, PTP akan dilaksanakan lagi bulan depan dengan memanggil nara sumber berbeda dari pelaku industri, yaitu dari PT Aneka Tambang, supaya siswa tahu situasi industri yang berbeda-beda.

"Berharap siswa menjadi tamatan produktif yang siap bersaing dan menang dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," ungkap Bambang. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -