Peran Orangtua dan Masyarakat Bisa Cegah Kenakalan Remaja

KARAWANG, KarawangNews.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  (Disdikpora) Karawang berupaya menumbuhkan ekosistem kemitraan satuan pendidikan keluarga dan masyarakat, ini untuk mengantisipasi hal negatif yang dilakukan peserta didik sejak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA.

"Jika ini dilakukan sejak PAUD dan terus diingatkan secara kontinyu hingga SMA, mereka tidak akan nakal," kata Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Disdikpora Karawang, Amid Mulyana SE, Selasa (16/2/2016) siang di aula Dinas Pendidikan, saat evaluasi kegiatan penguatan pendidikan pada satuan pendidikan, dihadiri 50 satuan pendidikan yang dijadikan percontohan, PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan pendidikan non formal lainnya.

Kata Amid, melalui ekosistem kemitraan satuan pendidikan keluarga dan masyarakat ini akan ada pemotongan generasi, sehingga anak-anak PAUD saat ini tidak mengikuti jejak-jejak negatif kakaknya.

"Sehingga kenakalan remaja bisa diantisipasi melalui pendidikan keluarga dan masyarakat ini," jelasnya.

Dengan begitu, Amid mengajak semua  tenaga pendidik agar siap berubah dan menerima perubahan. Sehingga satuan pendidikan harus bisa mensikapi dinamika perkembangan di masyarakat.

"Tidak melulu ketika orangtua menyekolahkan anaknya malah  menyerahkan seluruhnya ke guru, harusnya terjalin ekosistem satuan pendidikan dan masyarakat, sehingga sekolah, orang tua dan masyarakat peduli terhadap pendidikan," kata Amid.

Diakuinya, kalau semua peduli, maka tidak akan terjadi kenakalan remaja. Makanya melalui pendidikan keluarga ini akan terjalin ekosistem untuk mengantisipasi kenakalan dan kriminalitas remaja.

"Sehingga guru dan tenaga kependidikan ada tanggungjawab, tidak hanya mengajarkan buku pelajaran di sekolah. Kita punya waktu 29 tahun kedepan akan tumbuh generasi emas, bersamaan dengan 100 tahun Indonesia merdeka " kata dia. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -