Lulusan SMK Ristek Digenjot Siap Bersaing se-Asean

KARAWANG, KarawangNews.com - Lulusan SMK di Karawang harus menguasai teknologi dan bahasa asing, sebab mulai tahun 2016 ini mereka tidak hanya bersaing di daerah sendiri, melainkan kompetitornya masyarakat Asean, menyusul regulasi pemerintah soal ekonomi Asean dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, H. Dadan Sugardan saat pidato pembukaan kegiatan English Camp di SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia, Sabtu (20/2/2016) siang. Kata dia, generasi mendatang harus generasi ilmu dan teknologi.

"Jika kita tidak dibekali pengetahuan, kita akan jadi penonton di negeri sendiri," kata dia.

Di tempat sama, Ketua Yayasan Gema Cendikiawan Indonesia (YCGI), Drs. Hartono Kosasih MM menyatakan, seiswa SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia yang di bawah naungan YCGI diajarkan tujuh pilar pendidikan. Pertama sholat tepat lima waktu, sehingga guru tak hanya mengajarkan intelektual, juga spiritualnya.

Kedua zero alpa, agar siswa bisa terus hadir dan tidak bolos di hari belajar sekolah. Ketiga, membiasakan agar siswa bersih dan rapih. Keempat membangun sekolah yang nyaman dan aman, tidak ada yang kehilangan di sekolah dan tidak terlibat tawuran.

Kemudian pilar kelima yaitu cinta kasir, gemar menabung dan disiplin, juga gemar bersedekah. Keenam pembangunan karakter dengan visi dan misi, sebab sekolah mendidik siswa tidak hanya intelektual, juga spiritual.

Ketujuh, yitu pilar demokrasi kreatif, YCGI berharap seluruh siswa agar bisa memecahkan problematika sekolah, mereka diajarkan untuk diskusi dan mencari solusi. Tak jauh beda dengan arti demokrasi, dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, maka di sekolah pun berlaku dari siswa oleh siswa dan untuk siswa.

"Prinsipnya mereka belajar menyelesaikan masalah sendiri, sehingga terdidik cerdas dan mampu berkompetisi," kata Hartono. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -