Sebaiknya Pemerintah Lebih Pro Aktif Mengawal Pembangunan

Warga Menulis
Oleh: Haris Azhari
Warga Karawang
Ditulis: Kamis (14/1/2016)

Agar tercipta iklim pembangunan yang kondusif, pemerintah sebaiknya dapat mengawal pembangunan dengan baik, demi mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan dalam semua bidang.

Seperti dipahami bersama, selain dilakukan oleh pemerintah, sektor swasta juga memiliki peranan  penting dalam mengawal pembangunan. Terlebih pada sektor ekonomi, peran swasta memiliki peranan yang besar untuk memperkuat pembangunan sebuah wilayah demi menggerakkan perekonomian.

Agar iklim ekonomi yang dikembangkan oleh sektor swasta dapat berjalan dengan mulus, jaminan kepastian hukum terhadap pembangunan yang dilakukan swasta tersebut perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah baik pusat maupun daerah.

Sebagai contoh, lambatnya proses sertifikasi terhadap tanah yang dimiliki oleh salah satu perusahaan swasta  yang berada di Telukjambe, Karawang, Jawa Barat. Secara hukum tanah tersebut sudah sah menjadi miliki perusahaan lewat putusan MA, dan sudah di eksekusi oleh pengadilan setempat dalam rangka menghargai keputusan MA.

Namun upaya sertifikasi sampai saat ini cenderung berbelit-belit. Padahal dilahan tersebut akan dibangun kawasan industri yang memiliki nilai positif bagi perkembangan ekonomi  daerah setempat. Jika pembangunan kawasan dapat berjalan dengan cepat, berapa banyak tenaga kerja yang dapat diserap dari kawasan industri tersebut, dan begitu juga pada sektor pajak yang dapat dihasilkan oleh pemerintah daerah.

Ketegasan dari pemerintah inilah yang sangat dibutuhkan agar pembangunan tidak terhambat. Jika pemerintah, terutama pemerintah daerah tidak memiliki ketegasan dalam menyelesaikan permasalahan seperti ini, dikhawatirkan akan menimbulkan efek jera bagi kalangan swasta yang merasa diperlakukan tidak baik oleh pemerintah setempat.

Keberpihak pemerintah cukup dengan mengawal keputusan hukum yang ada. Jika keputusan hukum tidak dihargai oleh pemerintah daerah, tentu ini dapat menjadi preseden buruk bagi daerah itu sendiri. Karen pemerintan daerah telah memberikan contoh yang tidak baik pada masyarakat.

Untuk itu, sebaiknya pemerintah Karawang dapat mengambil langkah-langkah kongkrit agar kondisi seperti ini tidak dibiarkan berlarut. Pembangunan dapat tumbuh, jika ada keberpihakan dari pemerintah untuk mengawal gerak pembangunan itu sendiri. (*)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -