Komputer Raib Dicuri, SMK Ristek Terhambat Ikut UNBK

KARAWANG, KarawangNews.com - Tahun ini, SMK Ristek belum siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sebab sekolah ini belum memiliki komputer lagi, setelah dua tahun berturut-turut, 2013 dan 2014 sejumlah komputer di lab sekolah ini digondol maling. Minimal, sekolah harus memiliki 100 unit komputer untuk bisa melaksanakan UNBK atau sepertiganya dari jumlah peserta UN.

"Tahun 2013, lab komputer dibobol maling dan sebanyak 33 unit komputer raib dicuri, kemudian tahun 2014 kejadian lagi, semua software dalam CPU komputer dibongkar dan dicuri. Sehingga, sampai tahun ini kebutuhan komputer sekolah belum terpenuhi, tetapi mudah-mudahan tahun depan kita bisa ikut UNKB," kata Kepala SMK Ristek, Darsono Semedi, Sabtu (29/1/2016) siang.

SMK Ristek hanya memiliki laptop untuk kerja guru. Namun begitu, sekolah ini akan mempersiapkan kembali sejumlah komputer untuk siswanya, agar siswanya memiliki keterampilan komputer dan bisa melakukan praktek ujian menggunakan komputer.

Sementara ini, sebanyak 286 siswa SMK Ristek akan melaksanakan UN manual menggunakan kertas. Sejumlah siswa itu terdiri dari 9 siswa jurusan Teknik Audio Video, 154 siswa jurusan Teknik Pemesanan dan 123 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Untuk mempersiapkan UN ini, sejumlah siswa sudah melakukan 'try out'. Diakui Darsono, hasil sementara cukup memuaskan, meski nilainya dianggap kurang. Dengan begitu, calon peserta UN ini terus mengikuti bimbingan belajar setiap hari Minggu pukul 7.00-12.00 WIB, karena jika bimbingan belajar dilakukan di hari-hari setelah belajar dikhawatirkan banyak gangguan, sebab siswa dan guru sudah lelah belajar mengajar sejak pagi.

"Sehingga, jika pendalaman materi dilakukan setelah belajar tidak akan optimal, makanya pendalaman materi dilakukan setiap hari Minggu, yaitu pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan mata pelajaran kejuruan," jelasnya.

Diketahui, tahun ini tercatat 24 sekolah menengah atas negeri dan swasta yang sudah siap melaksanakan UNBK,  Pelaksanaan UNBK SMK akan dilaksanakan pada 4-7  April 2016, sedangkan untuk tingkat SMA akan dilaksanakan pada  4-12 April 2016. 

Berdasarkan hasil verifikasi, tercatat sebanyak 14.381 siswa SMK di Kabupaten Karawang calon peserta UNBK, kemudian sebanyak 9.041 siswa SMA dan 2000 siswa MA.

Seperti dikutip dari tribunnews.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengajak sekolah untuk tidak memaksakan diri membeli fasilitas komputer hanya demi kepentingan UN berbasis online.

Kata Anies, pengadaan komputer di sekolah hendaknya fokus untuk kepentingan belajar oleh para siswa. Sebab, jika fasilitas komputer diadakan untuk belajar, sudah tentu saat UN nanti siswa akan lebih paham. Sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer agar jangan memaksa sampai cari pinjaman untuk pengadaan komputer di sekolah.

"Tidak boleh itu, UN secara manual juga tidak apa-apa,  pakai kertas aja," katanya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -