Grafir Sandblasting Satu-satunya di Karawang Ada di Tirtajaya

KARAWANG, KarawangNews.com - Di Karawang, hanya ada satu tempat pembuatan grafir prasasti dan lukisan batu bongpay, yaitu di Kampung Jamantri III, Desa Sabajaya, Kecamatan Tirtajaya. Pemiliknya Sahroni (40) yang sudah berpengalaman seni grafir sejak tahun 1994.

Kini, di bengkelnya yang berukuran 5 meter persegi dia telah menggunakan mesin sandblasting untuk menghasilkan karya grafirnya. Sehingga, grafir yang dihasilkan berkualitas bagus dengan gambar halus dan memiliki nilai seni tinggi. Selain gambar, juga bisa mengerjakan desain tulisan Mandarin.

Proses sandblasting.
Sandblasting adalah suatu proses membentuk permukaan granit dengan cara menembakan partikel pasir, sehingga menimbulkan tumbukan. Permukaan batu granit tersebut akan membentuk lekukan-lekukan sesuai pola gambar. Selama proses membuat gambar, disesuaikan ukuran pasir serta tekanannya.

Dibantu tiga pekerja yang sudah terlatih, Sahroni mampu mengerjakan hingga 5 grafir nisan sehari yang berukuran 20x30 cm, sedangkan untuk ukuran besar seperti bongpay nisan ukuran 60x90 cm memakan waktu selama dua hari.

Nisan bongpay.
Namun begitu, biasanya konsumen telah memesan minimal seminggu sebelumnya, tergantung kerumitan desain gambar dan tekstur batu granit itu sendiri, karena di sini disedikan beberapa jenis batu, diantaranya granit nero India dan shanxi black.

"Ini pekerjaan seni, karena tidak semua orang bisa mengerjakannya, untuk melukis ini butuh jiwa seni, harus sabar dan telaten," kata Sahronim ditemui di rumahnya, Senin (25/1/2016) siang.

Prasasti peresmian gedung kantor.
Berawal mengikuti jejak rekannya yang juga perajin grafir tahun 1994, secara otodidak dia menekuni seni ini tanpa kursus. Hanya dengan modal membeli komputer pentium IV bekas, dia mulai mempelajari desain grafis untuk grafin batu nisan. Kata dia, pengrajin grafir jumlahnya banyak, tetapi belum tentu bisa melukis.

Dia menyebutkan, harga karya seninya ini tergantung ukuran batu granit, misal untuk satu set bompay ukuran Rp 25.000.000, sedangkan grafin ukuran 60x90 cm Rp 2.500.000 hingga terkecil ukuran 20x30 cm Rp 300.000.

Bahan granit ini dia peroleh dari Jakarta, kemudian didesain di rumahnya di Tirtajaya, pemasarannya tidak hanya Karawang, tetapi keluar daerah. Pemesanan bisa melalui nomor ponselnya di 0815 8678 3363, biasanya pemesan mengirim gambar desain melalui emailnya ke ronigrafier@yahoo.com.

"Sudah ada rencana akan buka di Karawang kota, tetapi saya harus mendidik karyawan, sebab untuk bisa desain grafir harus khusus dan butuh waktu lama," ujarnya.

Dia menceritakan, sebelum usaha grafir ini, dia sebagai pekerja di PT Argo Pantes, kemudian meninggalkan pekerjaan itu tahun 1992, setelah itu sempat bekerja di proyek perumahan, kemudian bekerja sebagai perawat makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, selang dua tahun ikut bekerja sebagai pemotong granit bersama rekannya.

Mulai tahun 2006 dia bekerja di pemakaman Graha Sentosa Karawang dan sejak 4 tahun lalu dia mencoba mandiri membuka usaha grafir di rumahnya Tirtajaya. Selain di rumahnya, dia membuka kios di daerah Blok Kraton, Rengadengklok Utara. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -