PNFI Tingkatkan Etos Kerja Melalui Outbond

KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 150 peserta terdiri dari Kepala UPTD PAUD-SD, Penilik dan pengelola pendidikan non formal mengikuti outbond di lapangan tembak Detasemen Kavileri Berkuda, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat selama tiga hari, 18-20 Desember 2015.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Drs. Dadan Sugardan melalui Kabid PNFI, Amid Mulyana SE, kegiatan ini merupakan program peningkatan kapasitas pengelola pendidikan non formal Disdikpora, materinya melalui outbond dan diskusi.

Selama tiga hari itu, peserta outbond menerima materi tentang kebangsaan dari Detasemen Kavileri Berkuda ini, juga materi mengenai peningkatan pendidikan dari beberapa narasumber.

Acara outbond dimulai pada Jumat (18/12/2015) pukul 16.00 WIB, acara pembukaan ini merupakan prosesi penyerahan peserta dari dinas pendidikan yang diwakili Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Disdikpora, Amid Mulyana kepada Wakil Komandan Detasemen Kavileri Berkuda, Letnan Satu Sudar.

Sepenuhnya, materi dilaksanakan pada Sabtu (19/12/2015) pagi hingga malam dan ditutup dengan renungan api ungun. Outbond tahun ini beda dengan tahun sebelumnya yang hanya melibatkan Penilik, tahun ini seluruh pengelola pendidikan non formal dilibatkan, diantaranya Kepala UPTD PAUD-SD dan pengelola pendidikan non formal lainnya, seperti pengelola PKBM, kursus, PAUD termasuk TPA dan SPS.

"Kegiatan ini untuk memberi wawasan, memotivasi kepada peserta outbond, agar mereka bisa memberi pelayanan pendidikan yang lebih baik lagi bagi masyarakat, khususnya pendidikan non formal. Outbond ini juga untuk menjalin keakraban seluruh pelaku pendidik non formal, UPTD dan Penilik," kata Dadan.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih terselenggaranya acara ini, diharapkan kedepan bisa menciptakan figur pengelola pendidikan yang profesional mandiri dan bermartabat.

Di tempat sama, Kepala UPTD PAUD-SD Kotabaru, Anang Suryana menyatakan, ini kegiatan positif yang dirasakan komunitas pendidikan non formal dan informal secara utuh, melalui outbond ini dapat menciptakan solidaritas tinggi dan meningkatkan energi kinerja yang baru, karena melalui outbond ini akan muncul semangat baru.

"Tahun ini UPTD PAUD-SD diikut sertakan dalam kegiatan, ini membuktikan ada ikatan kuat antara UPTD, Penilik, Himpaudi dan PKBM," jelasnya.

Diakuinya, selain mendapatkan pemantapan materi, outbond ini suatu kegiatan refreshing setelah lama bekerja. Dalam sehari ini, pengelola pendidikan bisa refresing di alam terbuka.

"Harapan kami kegiatan ini dilanjutkan di tahun mendatang dengan terus dievaluasi untuk bisa sempurna, sehingga manfaat kegiatan ini bisa dirasakan," jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Karawang, Aa Devi Sulaeman, ini merupakan sistem yang berjalan, kepala UPTD yang menjadi pembina Himpaudi bisa bersama-sama melaksanakan acara serupa dengan tujuan meningkatkan etos kerja.

Diakuinya, pihaknya beruntung bisa dilibatkan dalam acara ini, sebab sebelumnya Himpaudi hanya melaksanakan outbond sendiri. Kata dia, Himpaudi memang perlu kerjasama dengan pembina teknis yang bernaung di PNFI.

"Kini semua bersama-sama melakukan kegiatan di satu tempat. Ini pertama kali kami ikut, sebelumnya oubond hanya dilaksanakan di lingkup organisasi kita," kata Aa Devi, menyebutkan sebanyak 36 peserta Himpaudi yang mengikuti kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Karawang, Entoh menyatakan, kegiatan ini adalah penyegaran, setelah setahun sibuk bekerja. Diakuinya, terlihat antusiasme rekan-rekannya mengikuti kegiatan ini, meski ada beberapa yang tidak hadir karena berbagai alasan.

"Kalau dilihat dari sisi kualitas, ini sangat berbobot, akan sangat terasa jika ini berjalan terus setiap tahun, apalagi setiap tahun tempat outbond-nya berpindah-pindah, setelah sebelumnya di daerah Pangkalan Karawang dan Purwakarta, kini di Bandung," jelasnya, sambil menghirup segarnya udara pegunungan. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -