Perlu Rumah Sakit Penyangga di Cikampek dan Rengasdengklok

KARAWANG, KarawangNews.com - Jumlah pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang yang selalu membludak, menjadi perhatian khusus calon bupati Saan Mustopa. Untuk mengatasi hal itu, dia berjanji akan membangun dua rumah sakit penyangga milik pemerintah di daerah Cikampek dan Rengasdengklok.

Rumah sakit pemerintah di Cikampek itu nantinya akan menampung pasien dari beberapa kecamatan sekitarnya, seperti Kecamatan Cikampek, Kotabaru, Jatisari, Cilamaya dan Wadas. Sedangkan rumah sakit di Rengasdengklok untuk menampung pasien dari Kecamatan Rengasdengklok, Batujaya, Kutawaluya, Pakisjaya, Tirtajaya, Pedes, Cilebar dan Tempuran.

Jika pasien sakit keras dan tidak bisa ditangani di kedua rumah sakit itu, maka RSUD Karawang sebagai rujukan untuk penanganan pasien. Sehingga, pasien tidak harus dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung, hanya saja type RSUD Karawang harus dinaikan dan dilengkapi fasilitas kesehatannya.

"Sehingga, tidak lagi ada penumpukan pasien di RSUD Karawang, karena di-cover dua rumah sakit itu. Dua rumah sakit penyangga itu perlu dibangun, agar pelayanan kesehatan masyarakat bisa maksimal," kata Saan.

Dijelaskan Saan, jika setiap hari ada satu pasien dari 309 desa se-kabupaten yang membutuhkan pengobatan di RSUD Karawang, berarti dalam satu hari itu RSUD Karawang menanangani sebanyak 309 pasien, belum lagi yang rawat inap. Tentunya ini menjadi beban bagi RSUD untuk menanganinya, maka tak heran jika terjadi salah paham dari warga yang mengeluh RSUD Karawang tidak melayani orang sakit.

"Sudah pasti hal itu akan terjadi, banyak keluhan warga soal RSUD Karawang ini, diantaranya kamar penuh, ditelantarkan dan pelayanan yang tidak maksimal, ini disebabkan RSUD Karawang kepenuhan melayani pasien yang membludak setiap hari. Sehingga, perlu ada rumah sakit penyangga itu," jelasnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -