LSM GMBI Gelar Konsolidasi Nasional

KARAWANG, KarawangNews.com - LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMB) menggelar konsolidasi nasional menjelang Pilkada serentak di Jawa Barat, Minggu (28/11/2015). Kegiatan yang digelar di Hotel Swiss Bellin diikuti ratusan pengurus GMBI secara nasional.

Ketua LSM GMBI Distrik Karawang, M. Sayegi Dewa mengatakan, kegiatan konsolidasi sengaja digelar dalam rangka menyamakan persepsi jelang pelaksanaan Pilkada serentak di Jawa Barat.

"Sebagai bagian dari elemen masyarakat bawah, kita akan ikut andil mengawal Pilkada ini supaya berjalan secara demokratis dan sesuai dengan aturannya," katanya.

Sambung Dewa, selain sesuai aturan, pihaknya ingin supaya pelaksanaan Pilkada serentak ini, khususnya di Jawa Barat bisa berjalan secara kondusif.

"Pada intinya, selain demokratis, sesuai rule (aturan) juga supaya berjalan secara kondusif," imbuhnya.

Disinggung alasan digelar di Karawang, dijelaskan Dewa, karena Karawang merupakan salah satu kabupaten yang tingkat pelanggaran dan kekisruhannya besar di Pilkada serentak ini selain dari Kabupaten Pangandaran.

"Awalnya acara ini kita mau mau gelar di Pangandaran. Karena satu dua hal pertimbangan, akhirnya digelar di Karawang. Kita fokuskan di Karawang dan Pangandaran. Karena memang dua daerah ini sangat rawan pelanggaran maupun kekisruhannya," katanya. 

"Dan kami tegaskan, pengawalan kita ini semangatnya bagaimana menciptakan Pilkada serentak ini berjalan lancar dan kondusif. Dan bagi calon dan pendukungnya, jangan coba-coba berbuat di luar aturan. Karena kalau ada yang berbuat demikian, kita akan laporkan ke isntansi terkait dan akan kita kawal sampai yang bersangkutan diberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya.

Karena menurut Dewa, Pilkada serentak ini merupakan pertaruhan demokrasi secara nasional. Artinya, kalau dinodai dengan ulah oknum-oknum yang berbuat curang  dan menimbulkan kekisruhan, bukan hanya pemerintah saja yang tercoreng tapi masyarakat bawah pun akan tersakiti. Karena anggaran yang dikeluarkan untuk pelaksanaan Pilkada ini sangat fantastis mencapai miliaran untuk setiap daerah.

"Untuk itu, mari kita bersama-sama untuk mengawal Pilkada ini supaya berjalan demokratis dan sesuai aturan. Karena kalau demokratis, lancar dan sesuai aturan, Pilkada ini akan menciptakan pemimpin berkualitas yang bisa memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat," pungkasnya. (ian)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -