KPU Tetapkan Cellica-Jimmy Menang Suara Terbanyak

KARAWANG, KarawangNews.com – Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten Karawang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 tetapkan pasangan calon nomor urut 3 Cellica Nurrachadiana – Ahmad Zamakhsyari meraih perolehan suara terbanyak dengan jumlah pencoblos 1.044.416 suara.

Pasangan nomer urut 3 ini berhasil meraih 533.240 suara, urutan selanjutnya diraih pasangan nomer urut 6, Saan Mustopa Iman Sumantri, dengan mencapai raihan 200.509 suara, lalu dibuntuti pasangan nomor urut 2 Marjuki-Miing sebanyak 198.094 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 1 Nace-Yenih meraih 22.570 suara, dan pasangan nomor urut 4 Daday-Edi meraih 81.022 suara. Terakhir pasangan nomor urut 5 dengan raihan suara sebanyak 8.981.

"Perolehan suara yang diraih oleh tiap-tiap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, sesuai dengan data dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang, hasil rekapitulasi ini telah sesuai dengan apa yang sudah diplenokan," ujar Pimpinan KPU Kabupaten Karawang, Resza Affiat, usai mengetuk palu tanda berakhirnya rapat pleno KPU, Kamis (17/12/2015).

Resza menambahkan, hasil rapat pleno penghitungan suara yang dilaksanakan berjalan lancar. Dari enam saksi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, hanya pasangan nomer urut 2 yang menyatakan keberatan dan meninggalkan ruang rapat pleno KPU.

"Awalnya hanya kesalahan teknis atas kekeliruan dalam penginputan data oleh petugas PPK Kecamatan Rawamerta yang memang belum menyertakan Surat Berita Acara ketika melaporkan hasil rekapannya, tapi kemudian sanggahan saksi nomor 3 mengarah pada hal indikasi kecurangan. Ini tidak mempengaruhi pleno penghitungan, toh kotak suaranya pun digembok," jelasnya.

Pimpinan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Karawang (Divisi Penindakan dan Pelanggaran) Roni Rubiat Machri mengatakan, selama pelaksanaan Pilkada Kabupaten Karawang memang tidak ada temuan yang mengarah pada pelanggaran tindak pidana.

"Hanya saja kedepan, KPU perlu ditingkatkan lagi pembinaan dan bimtek kepada terhadap jajaran kebawahnya secara menyeluruh, agar kinerjanya dapat semakin profesional," tandasnya. (spn)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -