Karawang Gagal Lagi Raih Adipura

KARAWANG, KarawangNews.com - Kabupaten Karawang lagi-lagi gagal memperoleh penghargaan piala adipura di tahun 2015. Penghargaan bergengsi bidang kebersihan lingkungan yang tiap tahun dianugerahkan kepada kabupaten/kota di Indonesia masih saja tak melirik Kota Pangkal Perjuangan.

Hal ini membuktikan pemerintah kabupaten Karawang tidak mampu mengelola kebijakan terkait lingkungan, keversihan, kenyamanan dan penghijauan. Padahal, anggaran daerah Kabupaten yang berpenduduk 2juta lebih ini terbilang cukup besar.

"Ini sangat mengecewakan, Pemkab tidak mampu mengelola kebijakan terkait lingkungan dan kebersihannya. Pemkab telah gagal menggerakkan kesadaran pentingnya lingkungan yang bersih," kata Ketua Komisi C DPRD Karawang, Natala Sumedha, Selasa (24/11/2015).

Menurutnya, slogan 'Karawang Interasih' belum mampu terimplementasikan dengan baik oleh pimpinan daerah. Mereka dinilai tidak mempunyai konsep perencanaan yang jelas untuk membuat keindahan dan kebersihan di Karawang. Sehingga, anggarannya hanya sekedar untuk kegiatan konvensional yang tak substansial. 

"Kegagalan ini karena kepala daerah harus tidak turun langsung jadi panglima, tetapi menyerahkan hanya kedinas-dinasnya saja," imbuhnya.

Ditambahkan Natala, ada empat hal yang menyebabkan kegagalan Karawang meraih Adipura. Seperti dikatakannya, pertama masih belum terencananya dengan baik pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Kedua, sampah di lokasi (Tempat Pembuangan Sementara) masih belum secara kontinye diambil setiap hari dan ketiga penataan PKL masih belum terpola dengan baik, terbukti masih banyak PKL yang menggunakan badan jalan dan trotoar.

"Dan satu hal lagi, sosialisasi terhadap masyarakat kurang. Padahal, seharusnya pemerintah bersinergi dengan masyarakat," tandas Sekretaris Fraksi PDI-P ini.

Kegagalan ini, bagi Natala harus dijadikan evaluasi terhadap seluruh masyarakat. Pasalnya, pola hidup yang bersih dan sehat merupakan faktor penunjang bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat yang sehat.

Seperti diketahui, pada tahun 2015, hanya terdapat empat kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat yang mendapat anugerah Piala Adipura. Keempatnya yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Ciamis dan Indramayu.

Penganugerahan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Jakarta, Senin (23/11/2015) malam. (mus)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -