H. Warman Terpilih Lagi Ketua Dekopinda Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - H. Warman kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Karawang periode 2015-2020 pada 26 Juni 2015 lalu di Bandung. Pelantikannya dilaksanakan di aula Dekopinda Karawang, Senin (22/12/2015) siang.

Kepengurusan pimpinan Dekopinda periode ini sekitar 60 persen diduduki orang-orang baru, diantaranya beberapa pengurus koperasi karyawan perusahaan.

Pengurus Dekopinda Karawang periode 2015-2020 ini yaitu Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan H. Riana Suryana SE dengan anggotanya Heni Heryani dan Endang Sutisna. Kemudian Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Kelembagaan, H. Awar Musadad dengan anggotanya Ponijan dan Dedi Suherdi.

Ketua Bidang Advokasi dan Sosialisasi, Drs. Anno Charnita dengan anggotanya H. Arifin S.Pd dan Hj. Riadhoh SE. Kemudian, Ketua Bidang Fasilitas Usaha, Drs. Dadang Rustandar, M.Si dengan anggotanya Drs. H. Asim dan Ihin Solihin.

Pengurus tersebut, dilantik di aula Dekopinda Karawang oleh Ketua Dekopin Wilayah Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Mustopa Djamaludin, M. Si, didampingi Asda II Pemkab Karawang, Hadis Herdiana. Pada kesempatan itu, Hadis menyampaikan, hambatan di koperasi saat ini penyebabnya adalah banyaknya anggota koperasi yang tidak disiplin, terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang juga memiliki tunggakan pinjaman selain di koperasinya.

Usai melantik, Mustopa Djamaludin menyampaikan, setiap dewan pengurus koperasi harus melakukan pelantikan setiap lima tahun, dewan koperasi ini merupakan lembaga yang dilindungi undang-undang dan AD/ART-nya ditetapkan presiden RI, artinya dewan koperasi tidak bisa dilepaskan dari kerakyatan yang berkeadilan.

Dia menegaskan, tidak haram hukumnya jika pemerintah daerah membiayai Dekopinda, tanpa ada unsur keterikatan waktu. Ini sesuai undang-undang perkoperasian yang menyatakan Dekopinda boleh dibantu pemerintah tanpa batas waktu.

"Untuk itu, di dalam ketentuan (undang-undang perkoperasian, red) sudah jelas, pemerintah bersama Dekopinda bahu-membahu mendorong ekonomi kerakyatan yang bermanfaat," jelasnya.

Diakuinya, Dekopinda harus hidup dari iuran anggota, tetapi dukungan pemerintah pun suatu kewajiban. Untuk itu, di tahun 2016 Dekopinda harus lebih baik. Bahkan pada Hari Koperasi Nasional (Harkop) tahun 2017 akan diberikan penghargaan kepada bupati/wali kota tergiat membantu koperasi di daerahnya.

"Saya nitip kepada asisten daerah agar bupati mengembangkan koperasi dan melakukan pembinaan kepada koperasi di kabupaten ini," ucapnya, sambil melirik Hadis Permana yang duduk di sampingnya.

Sementara itu, di tiga periode kepemimpinannya di Dekopinda Karawang, H. Warman mengharapkan, ada upaya serius dari semua unsur koperasi dan pemerintah untuk bisa mengembangkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya swasta dan lembaga koperasi bisa bersinergi, juga sejalan dan satu tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Ini sama dengan visi misi bupati, meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata mantan Ketua Komisi A DPRD Karawang 2009-2014 ini.

Dia berharap, bupati Karawang terpilih bisa lebih memperhatikan kepentingan koperasi, meski saat ini di Kabupaten Karawang komunikasi antara pemerintah dan koperasi cukup bagus.

"Hanya di Karawang, satu-satunya Perda di Jawa Barat, kita punya Perda inisiatif nomor 3 tahun 2015, tentang pemberdayaan koperasi dan UKM, saya minta Perda ini dikawal dan segera ditindaklanjuti dengan membuat Perbub," kata Warman. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -