Dari 4.372 Ha Baru 270 Ha Sawah di Kutawaluya Diasuransikan

KARAWANG, KarawangNews.com - Mulai musim tanam 2015-2016 ini, sawah di Karawang diasuransikan, asuransi ini diberlakukan hanya 2 hektar dari jumlah sawah yang dimiliki petani. Dengan membayar premi Rp 36 ribu per hektar, petani akan mendapat ganti rugi Rp 6 juta jika gagal panen.

Dijelaskan Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Kutawaluya, Edi Supriadi, Kamis (24/12/2015) siang, asuransi ini bisa diklaim jika sawah rusak atau terserang hama setelah 10 hari tanam, dengan kerusakan 75 persen.

"Asuransi ini berlaku se-Indonesia untuk mengendalikan kerugian akibat gagal tanam, sebab selama ini petani sering mengeluhkan produksinya merugi akibat kena hama dan bencana faktor alam," ucapnya.

Asuransi ini baru dimulai oktober 2015 untuk musim tanam Desember 2015-Januari 2015. Premi yang dibayar oleh petani hanya Rp 36 ribu/Ha per musim. Pembayaran asuransi Rp 6 juta/Ha itu tetap berdasar perhitungan jumlah kerusakan sawah. Jika rusaknya hanya setengahnya, maka asuransi akan keluar sebesar Rp 3 juta-an.

Dia menyebutkan, jumlah sawah di wilayah kerjanya, Kecamatan Kutawaluya, sebanyak 4.372 Ha, sementara yang sudah diasuransikan sekitar 270 Ha untuk musim tanam pertama ini, pihaknya akan berusaha meningkatkan jumlah peserta asuransi untuk musim tanam berikutnya.

"Dalam asuransi ini yang punya peranan ketua kelompok tani, saya rasa kalau petani memahami tujuannya, jumlah asuransi ini akan meningkat," kata Edi. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -