Danramil Rengasdengklok Tinjau Sawah Kutawaluya

KARAWANG, KarawangNews.com - Danramil 0404 Rengasdengklok, Kapten Inf Wawan Tri, didampingi Kepala UPTD Pertanian Kec. Kutawaluya, Edi Supriadi meninjau kegiatan pembangunan saluran air yang dilaksanakan kelompok tani di Desa Kutagandok, Desa Sampalan, Desa Kutamukti dan Desa Sindangmukti di Kecamatan Kutawaluya, Kamis (24/12/2015).

Di lokasi kegiatan, Danramil memberikan arahan kepada petani, supaya proses pembangunan saluran air dioptimalkan oleh masing-masing kelompok tani.

"Kelompok tani harus memanfaatkan bantuan kegiatan pembangunan jaringan air pertanian yang diberikan oleh  pemerintah dengan sebaik-baiknya," paparnya.

Diketahui, pembangunan saluran air pertanian merupakan program bantuan yang diluncurkan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang dalam rangka ketahanan pangan.

Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Kutawaluya, Edi Supriadi mengatakan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Karawang meluncurkan program peningkatan jaringan infrastruktur sarana pengairan untuk lahan pertanian pada akhir tahun 2015.

"Program ini, langsung dikerjakan oleh masing masing kelompok tani," jelasnya

Tahun ini, selain peningkatan infrastruktur sarana jaringan air pertanian, Dinas Pertanian telah mengasuransikan sebanyak 270 Ha dari 4.372 Ha lahan sawah di Kutawaluya, untuk mengantisipasi merosotnya jumlah produksi akibat hama.

Kata Edi, hasil produksi padi di Kutawaluya, rata rata Gabah Kering Pungut (GKP) mencapai 7-8 ton per hektar pada masa panen raya tahun 2015.

Di tempat sama, di hadapan beberapa petani, Komandan Posramil Kutawaluya, Pelda Jagurdin megatakan, agar para petani harus lebih sering melakukan kontrol tanaman padi saat melaksanakan produksi, untuk mengantisipasi kegagalan panen. Selain itu, perubahan cuaca di penghujung tahun ini harus diwaspadai oleh petani.

"Petani harus intens melakukan konsultasi bersama instansi terkait di bidang petanian," ucapnya. (get)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -