Saan Mustopa Tidak Bisa Didiskualifikasi KPU

KARAWANG, KarawangNews.com - Mensikapi kabar akan didiskualifikasi Saan Mustopa oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait Surat Keputusan (SK) pemberhentian anggota DPR RI oleh presiden yang belum turun hingga Selasa (20/15/2015) sore, Staf Saan Mustopa, Ujang Bey angkat bicara.

Berdasarkan informasi yang dia peroleh dari Bawaslu, Ujang Bey memaparkan, KPU konsisten dengan aturan maksimal 60 hari sejak ditetapkan sebagai peserta Pemilu, paslon harus melampirkan SK pemberhentian.

Jika SK pemberhentiannya belum terbit, maka sepanjang yang bersangkutan dapat membuktikan dirinya beritikad baik dan sungguh-sungguh menjalankan tugas dan kewajibannya untuk memenuhi syarat tersebut maka calon tersebut tetap dapat dinyatakan memenuhi syarat.

Sehingga, belum adanya SK pemberhentian adalah di luar tanggung jawab calon yang bersangkutan, sepanjang ia dapat membuktikan kesungguhannya untuk memenuhi ketentuan dimaksud.

KPU dan Bawaslu akan mengirim surat kepada instansi berwenang untuk menerbitkan SK secepatnya atau setidaknya memberikan komitmen bahwa SK dimaksud akan diterbitkan. Instansi berwenang tersebut adalah Presiden, Menpan, Mendagri, gubernur, Panglima TNI, Kapolri, Meneg BUMN.

KPU akan buat surat edaran untuk proses penilaian pemenuhan syarat SK pemberhentian, termasuk apa saja kriteria kesungguhan calon. Bawaslu juga akan buat surat edaran agar jajaran Bawaslu merespon segera setiap sengketa pencalonan pada ksmptn prtama.

Kasus yg diselesaikan melalui sengketa Panwas/PTTUN agar segera ditindaklanjuti oleh KPU. Misal, membahas awalnya ada 3 paslon, lalu ditambah 1 atas rekom Panwas, plus 1 atas hasil putusan PTTUN. Solusinya, hormati putusan Panwas dan putusan PTTUN sepanjang tidak terjadi pelanggaran.

"Jadi, Saan Mustopa tidak serta didiskualifikasi begitu saja sebagai calon bupati Karawang, isu yang beredar itu salah kaprah," jelasnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -