Saan Mustopa, Calon Bupati Karawang

Senin (5/10/2015)

Saan Mustopa adalah putra daerah asli Karawang, lahir di Dusun Malaka 1, Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya. Pendidikan terakhir magister Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat dan saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S3 (kandidat doktor) di kampus yang sama. Dia memiliki satu istri, Ilah Holilah M,Si dan satu putri, Zahra najwa Rabiatulhusna. Saan punya hobi olahraga gowes sepeda, mancing dan bermain bola voli.

Riwayat pendidikannya, dia Sekolah Dasar di SDN 1 Pisangsambo tahun 1975-1982, kemudian SMP di SMPN 1 Batujaya tahun 1982-1985. Saan lulus SMA di SMAN 1 Rengasdengklok tahun 1982-1988, dia menyelesaikan S1 di Universitas Indonesia tahun 1989-2005, kemudian S2 di kampus yang sama tahun 2008 dan saat ini disertasi S3 masih di Universitas Indonesia tahun 2013.

Di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015 ini, Saan Mustopa mencalonkan bupati Karawang, diusung tiga partai koalisi, yaitu Partai Golkar, Partai NasDem dan Partai Gerindra, ditambah satu partai pendukung yaitu PPP kubu Djan Farid. Saan mendapatkan nomor urut 6 berpasangan dengan Iman Sumantri, mantan birokrat Pemda Karawang.

Sebelum mencalonkan diri bupati Karawang, Saan Mustopa adalah anggota DPR RI dari Partai Demokrat periode tahun 2009-2014 dan terpilih kembali untuk periode tahun 2014-2019.

Pada masa jabatan sebagai anggota DPR RI, Saan membentuk Yayasan Saan Mustopa Center (SmC Foundation), melalui yayasan ini dia banyak melakukan kegiatan sosial, membantu masyarakat, seperti persoalan ekonomi, rehab rumah, pendidikan, kesehatan hingga membantu menyelesaikan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Karawang yang bermasalah di luar negeri. Terhitung, sekitar 100 kasus TKI berhasil ditangani, kasus ringan hingga kasus berat.

Di bidang pendidikan, Saan menyediakan beasiswa bagi masyarakat tidak mampu, membantu mereka bersekolah di SD hingga SMA, bahkan memberi bea siswa bagi siswa miskin yang berprestasi masuk ke perguruan tinggi negeri. Selain itu, ia juga mendirikan TK Az Zahra tanpa pungutan biaya dan Sekolah Sepak Bola (SSB) Malaka bagi warga di lingkungan sekitar tempat tinggalnya di Tirtajaya.

Di bidang kesehatan, melalui program 'Bike For Care', Yayasan SMC secara rutin menyediakan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu, termasuk menyediakan ambulan gratis, pengobatan gratis, membantu penyandang cacat seperti pengadaan kaki palsu termasuk operasi tumor.

Sebagai putra asli Karawang, Saan rela meninggalkan posisinya sebagai anggota DPR RI, kembali ke Karawang dan berjuang untuk Karawang, menjadi bupati Karawang. (*)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -