Karawang Dapat Anugerah Aksara Khusus

KARAWANG, KarawangNews.com - Bupati Karawang memperoleh Anugerah Aksara Khusus dari Mendikbud RI, anugerah tersebut diterima Plt Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana yang diberikan Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI.
Pemberian anugerah ini bersamaan dengan bupati, wali kota dan gubernur se-Indonesia yang hadir di acara puncak Hari Aksara Internasional (HAI) ke-50 di Lapang Karangpawitan, Karawang Barat, Sabtu (24/10/2015) siang.

Pada hari puncak HAI ini, dicanangkan Gerakan Indonesia Membaca dan Peluncuran Dapodik PAUD dan Diknas. Tema yang diangkat pada HAI tingkat nasional ini yaitu aksara untuk menumbuhkan budi pekerti.

Tema ini diambil sebagai upaya untuk mengingatkan kembali dan memperkuat komitmen para pemangku kepentingan dalam upaya percepatan penuntasan tuna aksara di Indonesia, dengan di peringati HAI ini bukti komitmen berkesinambungan terhadap kemajuan pencapaian keaksaraan, sebab setiap individu merupakan kunci pembangunan sosial ekonomi dalam budaya damai dan berkarakter.

Sementara itu, pidato Mendikbud RI Anies Baswedan yang dibacakan Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI menyatakan, Penurunan angka buta aksara dari tahun 2005 hingga 2014 perlu disyukuri hasilnya, karena berhasil meningkatkan keaksaraan masyarakat secara signifikan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010 tercatat 7,54 juta atau 5,02 persen warga yang belum melek aksara, kemudian pada tahun 2014 terakhir BPS mendata menjadi 5,9 juta atau 3,7 persen lagi.

Plt. Bupati Karawang, dr. Cellica menyatakan, sudah lima tahun ini APBD dianggarkan untuk pendidikan sebesar 36 persen, jumlah ini sudah melebih 16 persen dari amanat Undang-undang yang mewajibkan setiap APBD menganggarkan 20 persen untuk pendidikan.

"Pendidikan harus jadi paling utama, bersamaan dengan pembangunan infrastruktur dan lainnya," kata Cellica.

Diketahui, acara ini pun dihadiri perwakilan Unesco Jakarta, pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI, pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemendikbud, Assisten Daerah Bid Kesra Mewakili Gubernur Jawa Barat. Serta Sekda Kabupaten Karawang dan Pejabat Pemkab Karawang lainnya. Namun disayangkan, Menteri Anies Baswedan batal datang ke Karawang untuk menutup HAI.

Pada HAI ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai 22-24 Oktober 2015, diantaranya talkshow upaya percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia di media televisi dan radio. Kemudian rapat koordinasi evaluasi capaian Program Pendidikan Keaksaraan. Juga semiloka Penguatan Kemitraan Ditbindiktara dengan Lembaga dan Organisasi Mitra.

Selain itu, digelar workshop Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Keaksaraan dan Budaya Baca. Juga, rapat koordinasi Pengembangan Pendidikan Kesetaraan dan revitalisasi satuan PNFI. Ada juga festival Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan pameran produk unggulam PKBM dan satuan pendidikan non formal. (rls/spn)








Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -