Hari Sumpah Pemuda, 1.000 Goweser Keliling Kota

KARAWANG, KarawangNews.com - Minggu (25/10/2015) pagi, sebanyak 1.000 goweser dari berbagai komunitas sepeda se-Kabupaten Karawang mengikuti Gowes Bareng Sumpah Pemuda bersama Saan Mustopa Center (SMC). Start dan finish di Grand Taruma, Karawang Barat dengan rute sejauh 17 km mengelilingi Karawang kota.

Wakil Ketua Bike To Work (B2W) Karawang, juga Ketua Pelaksana SMC Gowes Bareng Sumpah Pemuda, Dian Fadru Jaman menjelaskan, acara gowes ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, juga untuk meningkatkan silaturahmi dan solidaritas antara komunitas sepeda di Karawang.

Gowes bareng ini, kata Dian, diharapkan memberikan dampak positif terhadap pola hidup sehat dan mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor. Acara bersepeda bersama ini pun untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bersepeda.

Diakuinya, gowes bersama ini baru dilakukan lagi setelah Pembina B2W Karawang, juga Ketua SMC, Saan Mustopa sibuk kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mencalonkan bupati Karawang.

Diketahui, sebelumnya hampir setiap pekan Saan Mustopa gowes bareng komunitas sepeda ini dengan track berbeda ke setiap daerah Karawang dengan misi 'Bike For Care'.

"Kadang setiap minggu hanya bersepeda keliling kampung-kampung dan sesekali juga mengadakan 'fun bike' seperti acara hari ini," ucap Dian.

Di tempat sama, Saan Mustopa menyatakan, bersepeda ini harus terus dikampanyekan ke kelompok lain, agar masyarakat disadarkan betapa pentingnya bersepeda. Selain sehat, melalui bersepeda ini bisa menambah sahabat dan persaudaraan.

"Dengan sering gowes bareng ini akan menumbuhkan persaudaraan, satu sepeda sejuta sahabat," kata Saan.
Kata dia, awalnya SMC hanya membuka 600 peserta yang ikut di acara Gowes Bareng Sumpah Pemuda ini, tetapi banyak yang ingin berpartisipasi, sehingga pendaftaran dibuka tanpa dibatasi pesertanya.

Menurutnya, banyaknya komunitas sepeda di Karawang ini harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah, yaitu dengan membuat jalur khusus bersepeda di bahu jalan raya. Sehingga, para pesepeda tidak cemas tertabrak saat bersepeda ke kantor dan tempat kerja mereka.

"Selain jalan untuk motor dan mobil, harus ada juga untuk pesepeda," jelasnya.

Sementara itu, di acara ini dibagikan sejumlah hadiah door prize bagi peserta gowes yang beruntung, diantaranya puluhan hadiah sepeda termasuk asesorisnya, juga hadiah kulkas dan mesin cuci, termasuk hadiah menginap sehari semalam di Hotel Mercure. Sedangkan di panggung hiburan, acara dimeriahkan band lokal, The Botles. (spn)








Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -