Saan Mustopa Siap Kembangkan Jamur Merang

KARAWANG, KarawangNews.com - Calon bupati Karawang, Saan Mustopa meninjau kubung budidaya jamur merang di Dusun Babakan Banten, Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, Senin (28/9/2015) siang. Kata Saan, budidaya jamur adalah usaha yang menjanjikan dibanding cari kerja ke pabrik.

"Jika diberdayakan akan menjadi penghasilan, sehingga remaja di desa ini harus didorong agar punya semangat usaha, bukan pencari kerja. Ke depan, saya akan mengupayakan budidaya ini agar dikembangkan," kata Saan, kepada warga yang hadir di acara sosialisasinya itu.

Dijelaskannya, saat ini untuk bisa kerja di pabrik saja harus bayar Rp 2 juta - Rp 5 juta, uang sebesar itu harusnya bisa jadi modal usaha, dibanding harus terbuang untuk cari pekerjaan di pabrik yang tidak jelas. Namun begitu, persoalan sulitnya cari kerja ini akan jadi perhatian khusus di pemerintahannya jika Saan terpilih sebagai bupati.

Diakui anggota DPR RI dua periode ini, di kota-kota besar jamur sangat diminati, meski di kampung-kampung jamur masih disebut-sebut makanan kampung. Jamur sangat laku keras di supermarket, bahkan selalu ada di semua menu makanan China. Sehingga, produksi jamur di daerah Karawang ini sangat berpotensi menjadi usaha daerah besar.

"Dari pada harus keluar daerah dan mencari kerja lebih baik usaha budidaya (di daerah sendiri, red)," ucap Saan.

Di tempat sama, pengurus
Koperasi Sanggabuana, Aef Saefullah menyebutkan, beberapa kelompok usaha di desanya ini telah membuat berbagai makanan berbahan baku jamur merang, diantaranya jamur krispy termasuk makanan risol.

"Kita membuat berbagai makanan dari bahan baku jamur, beberapa dipasarkan di mini market," jelasnya.

Kata Aef, jamur merang ini panen setiap 45 hari dengan produksi sebanyak 2 kwintal atau pendapatan bersih sekitar Rp 3,6 juta setiap kubung. Harga jual jamur merang ke pasar Rp 28 ribu/kg. Diakuinya, budidaya jamur ini sangat menjanjikan, akan mampu mengangkat ekonomi masyarakat. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -