Jokowi Panen Padi Varietas IPB 3S di Cilamaya

KARAWANG, KarawangNews.com - Minggu (27/9/2015) siang, Presiden RI, Joko Widodo melakukan panen raya padi verietas baru bernama IPB 3S di Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya Wetan. Varietas ini hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) dan mampu menghasilkan 13,4 ton per hektar.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti IPB Bogor, varietas padi yang baru ditemukan ini cukup bagus untuk menambahkan lebih banyak lagi stok beras di Bulog, yang saat ini masih tersedia 1,7 juta ton beras.

Lahan uji coba IPB untuk varietas IPB 3S ini memiliki luas 500 hektar dengan produktivitas buninan 13,4 ton, gabah kering panen setara dengan 9, 4 ton per hektar gabah kering giling, dengan rata-rata nasional 5,5 ton per hektar. Untuk itu, varietas ini akan dikembangkan di 100 ribu hektar pada tahun ini.

Selain produksi lebih banyak, keunggulan varietas jenis IPB 3S ini juga tahan kekeringan untuk varietas Inpari 10, varietas Inpari 30 tahan kebanjiran dan Inpari 32 tahan HDB, ini merupakan hasil penelitian Badan Litbang Pertanian.

Rencananya, pemerintah akan melakukan penggantian varietas padi lama dengan varietas IPB 3S ini, sebab varietas baru ini akan menggantikan produksi sekitar 3 ton per hektar gabah kering giling.

Jika pengembangan varietas IPB 3S akan diterapkan pada minimal 2 juta hektar, maka tambahan produksi per tahun bisa mencapai 6 juta ton gabah kering giling. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -