Iket Sunda Cendera Mata HAI Nasional ke-50

KARAWANG, KarawangNews.com - Iket Sunda akan digunakan pada Hari Aksara Internasional (HAI) ke-50 juga akan jadi cendera mata bagi tamu undangan. HAI yang akan dilaksanakan 22-24 Oktober 2015 di Lapang Karangpawitan, Karawang Barat nanti akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Drs. H. Dadan Sugardan, Karawang sebagai tuan rumah HAI Provinsi Jawa Barat dan HAI Nasional sudah mempersiapkan segalanya, termasuk cendera mata iket Sunda yang akan diberikan Disdikpora Karawang kepada tamu sebagai cendera mata khas iket Jawa Barat.

Sehingga, di acara HAI tersebut, semua pejabat termasuk menteri akan menggunakan iket khas itu. Ini pun untuk memberi kesan tersendiri bagi tamu undangan dari berbagai provinsi se-Indonesia dengan penyelenggaraan HAI di kota lumbung padi Karawang ini.

"Kalau cendera mata pakaian pangsi khawatir menteri tidak berkenan, sehingga dipilihlah iket Sunda, sebab di acara itu semua menggunakan pakaian batik lokal. Khusus undangan dan panitia batiknya pun direncanakan seragam," jelasnya.

Sehingga, cendera mata iket Sunda ini salah satu alternatif yang diberikan Karawang untuk tamu se-Indonesia. Motif batik dipilih berdasarkan hasil koordinasi panitia kabupaten, provinsi dan nasional. Di kedua sisi iket itu diberi tulisan 'Hari Aksar Nasional ke-50 Tahun 2015' dan 'Karawang - Jawa Barat'.

Selain iket Sunda, Kabupaten Karawang akan memberikan cendera mata lainnya berupa miniatur Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok berukuran sekitar 35 cm, sebab Rengasdengklok memiliki nilai historis kemerdekaan 16 Agustus 1945, saat menyusun Teks Proklamasi.

Acara HAI akan dilaksanakan di Lapang Karangpawitan dan rencananya akan dibuka langsung oleh Anies Baswedan. Panitia acara menyiapkan seratus stand dengan posisi melingkari lapang bagi peserta, termasuk panggung utama.

Diketahui, di acara ini akan dilaksanakan beberapa jenis lomba yang akan memeriahkan HAI Provinsi Jawa Barat dan HAI Nasional ke-50, diantaranya lomba cerdas cermat Paket B dan C, lomba unjuk kabisa warga belajar, lomba pidato Basa Sunda penilik, lomba kawih Sunda, lomba tembang kenangan, lomba devile antara kontingen dan stand terbaik.

Berdasar rapat koordinasi, Karawang berusaha menjadi tuan rumah terbaik bagi semua tamu. Untuk itu, Disdikpora berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk memberikan layanan. Sedangkan untuk pengamanan akan dilaksanakan Satpol PP dan Setda, Dinas Perhubungan, juga Dinas Kesehatan.

"Kita harap acara ini sukses tanpa ekses dan tidak ada keluhan dari tamu undangan," kata Dadan. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -