Usai LK II, Kader HMI Kunjungi Tempat Sejarah

KARAWANG, KarawangNews.com - Usai mengikuti Latihan Kader II Tingkat Nasional, puluhan peserta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang mengunjungi tempat sejarah Karawang, Minggu (30/8/2015). Tempat yang dikunjungi yaitu rumah sejarah Rengasdengklok dan taman makam Rawagede.

Kunjungan ini memperkenalkan tempat bersejarah di Karawang kepada peserta yang mayoritas dari luar daerah. Seperti diketahui, sejarah di Karawang ini merupakan cikal bakal kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu peristiwa Rengasdengklok 16 Agustus 1945 lalu.

Di rumah sejarah Proklamasi Rengasdengklok, kader HMI ini melakukan diskusi sejarah kemerdekaan. Kemudian mereka melanjutkan kunjungan terakhir ke Monumen Rawagede, di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta.

Di monumen ini, Ketua Yayasan Rawagede, Suparman menjelaskan, kejadian masa lampau di Rawagede ini dikenal pembantaian misal tentara Belanda terhadap warga Rawagede.

Sementara, Ketua Pelaksana Latihan Kader II, Engkus Kusnadi menyebutkan, perkenalan tempat sejarah kepada para peserta ini merupakan kenangan-kenangan bagi mereka.

"Para peserta mengaku pernah membaca dan mendengar sejarah di Karawang ini, tetapi mereka belum mengunjungi tempatnya. Maka, kami perkenalkan tempat sejarah Karawang, yang sudah tercatat di buku nasional dan internasional," kata Kusnadi.

Ketua Umum HMI Karawang, Heru Slana Muslim menambahkan, perkenalan sejarah tak cukup saat training LK II saja. Melainkan peserta bisa menggali lebih jauh lagi tempat sejarah, diantaranya yang ada di Kabupaten Karawang.

"Kami berharap ini jadi wawasan kedepannya, yang tadinya tidak tahu lokasinya, sekarang menjadi tahu," bebernya.

Peserta LK II asal Bandar Lampung, Nurul Yuliana mengaku kagum dengan dua tempat sejarah tersebut. Namun ia menyayangkan pemerintah daerah kurang memperhatikan dua tempat sejarah itu, seharusnya sudah dibangun megah. (oca)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -