SMK Ristek Simulasi Kebakaran

KARAWANG, KarawangNews.com - Antisipasi kebakaran, siswa SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia (PI) melakukan simulasi kebakaran yang diperagakan langsung Pemadam Kebakaran Karawang, Kamis (20/8/2015) pagi di halaman sekolah tersebut. Pada simulasi ini, sejumlah siswa mempraktekan memadamkan api dengan cara trandisional dan modern.

Dijelaskan Kepala SMK PI, Bambang Pranowo, simulasi ini perlu dilakukan semua warga, termasuk siswa, sebab bencana kebakaran kadang kurang dipersiapkan untuk mengantisipasinya, sehingga menyebabkan kerugian besar, jika terjadi bencana tersebut.

"Yang paling penting memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap bahaya kebakaran, sebab banyak yang pemahamannya sedikit, meski ada tabung malah tidak digunakan, ini juga disebabkan panik ketika kebakaran terjadi," jelasnya.

Diakuinya, bengkel di SMK Ristek sudah dilengkapi alat pemadam kebakaran, tetapi perlengkapan ini belum dipersiapkan untuk kelas-kelas dan ruang guru. Untuk itu, simulasi ini sangat diperlukan siswa agar memahami dan bisa melakukan reaksi cepat jika terjadi kebakaran.

"Di sekolah ini perlengkapan pemadam kebakarannya belum standar, yang ada baru di bengkel sekolah, untuk ruangan lain belum ada," kata Bambang.

Sementara itu, pada simulasi memadamkan kebakaran ini, petugas Pemadam Kebakaran memperagakan teknik tradisional dengan alat atau benda yang tersedia di lingkungan, seperti karung basah dan keset basah, ini digunakan dalam kondisi terbatas, sedangkan cara modern dengan tabung pemadam kebakaran. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -