Saan Mustopa: Pendidikan Pemutus Rantai Kemiskinan

KARAWANG, KarawangNews.com - Pendidikan itu adalah kunci perubahan sosial dan pemutus mata rantai kemiskinan, tanpa pendidikan kemiskinan susah diputuskan. Jika ada salah satu keluarga berpendidikan lebih tinggi, tentu akan ada perubahan dalam keluarga tersebut.

Hal itu dikatakan calon bupati Karawang, Saan Mustopa, Senin (31/8/2015) siang, dalam sosialisasi pencalonanya kepada warga di Jayakerta. Selain itu, untuk bisa mencetak generasi yang baik, tentu sarana pendidikannya harus diperbaiki.

"Sehingga, sarana pendidikan setiap tahun harus diperbaiki. Insya Allah, hal itu akan jadi perhatian kami yang akan datang," jelasnya.

Diakuinya, kemajuan pembangunan Karawang dengan tingkat pendidikan masih jauh, sehingga dia mendorong agar semangat sekolah para pelajar lebih tinggi, tidak puas hanya lulus SD, SMP dan SMA.

"Caranya, mereka harus diberi perlindungan dengan membebaskan iuran sekolah," kata Saan.

Dia menyebutkan, masih banyak lulusan sekolah yang tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, karena tidak punya uang muka masuk sekolah. Kata Saan, ini perlu didorong dengan memberi kemudahan bagi orang tidak mampu untuk bisa menikmati akses pendidikan lebih mudah.

"Jika perlu ada beasiswa bagi anak tidak mampu, yaitu mereka yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri. Dengan begitu, mereka akan berlomba belajar, karena ingin mendapat bea siswa dari pemerintah," paparnya.

Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menganggarkan Rp 2 milyar dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rp 3,7 triliun, itu sama halnya Pemkab berinvestasi setiap tahunnya dengan mencetak generasi berkualitas.

Dijelaskannya, ini investasi bagi daerah, jika setiap tahun ada 500 anak yang mendapat beasiswa, maka 5 tahun kedepan akan ada 1.000 anak daerah yang sukses, sehingga pembangunan Karawang bisa dengan mudah tercapai.

"Saya yakin, jika pendidikan diberikan kepada orang tidak mampu dengan memberikan kemudahan, maka masyarakat Karawang kedepan akan lebih baik secara ekonomi," ungkapnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -