LSM Kompak Bantu Air Bersih Untuk Warga Pangkalan

KARAWANG, KarawangNews.com - LSM Kompak Karawang memberikan bantuan langsung air bersih untuk warga yang dilanda kekeringan di Desa Mulangsari, Desa Jatilaksana dan Desa Cinta Asih, Kecamatan Pangkalan, Sabtu (15/8/2015). Sebanyak dua tanki mobil kapasitas 5000 liter air bersih diturunkan di tiga desa itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat.

Warga setempat, Atikah (40) menceritakan, sudah empat bulan ini kampungnya dilanda kekeringan, sehingga sulit mendapat air bersih untuk dikonsumsi. Untuk memenuhi itu, dia membeli air bersih seharga Rp 5 ribu per jerigen melalui jasa orang lain yang mengambil air dari jarak jauh. Air tersebut hanya untuk kebutuhan makan dan minum, sedangkan untuk mandi dan cuci masih mengandalkan Sungai Cibeet, meski kondisi air sungai ini sangat kotor.

Di tempat terpisah, sebuah pesantren putri di Desa Cinta Asih mengalami kesulitan air wudhu dan mandi santrinya, sehingga pengasuh pesantren, Mohammad Burhanudin, harus mengeluarkan uang Rp 100 ribu per hari untuk membeli 1000 liter air. Padahal, 2000 ribu liter pun air di pondok pesantrennya ini tidak cukup untuk keperluan berwudhu dan kebutuhan keluarganya, sehingga usai Maghrib air sudah kosong.

Dengan kondisi ini, warga di tiga desa itu berharap kepada pemerintah dan lembaga sosial lainnya untuk terus memberi bantuan air bersih secara kontinyu, agar kebutuhan air bersih bisa dipenuhi setiap hari.

Sementara itu, Ketua LSM Kompak, Mukron mengatakan, pihaknya akan selalu sigap membantu masyarakat di tiga desa yang saat ini mengalami kekeringan, pihaknya akan terus melakukan bantuan. Namun begitu, dia juga mengajak pihak lain untuk berkontribusi memberikan bantuan kepada daerah yang membutuhkan air bersih ini.

"Kita akan terus membantu mereka dengan kemampuan, kita ingin agar semua elemen pemerintah dan masyarakat lain bisa membantu warga yang terkena bencana kekeringan ini," jelasnya. (usm)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -