Dekopinda Minta Mahasiswa Bentuk Koperasi Desa

KARAWANG, KarawangNews.com - Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang (Unsika), Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Karawang meminta mahasiswa tidak hanya memfasilitasi penyuluhan perkoperasian, tetapi bisa memfasilitasi pembentukan koperasi.

Hal itu dijelaskan Ketua Dekopinda, H. Warman SE, saat membuka pelatihan perkoperasian di Aula Desa Darawolong, Kecamatan Purwasari, Kamis (27/8/2015) siang. Pada sosialisasi ini, masyarakat desa setempat diberi materi tentang koperasi.

"Kabupaten Karawang sudah memiliki Perda pembinaan dan pengembangan koperasi yang di dalamnya di setiap desa bisa mendirikan koperasi desa. Sebab, dalam koperasi bisa mempercepat proses pemerataan kesejahteraan," jelasnya.

Tujuan pemerintah, sambung Warman, adalah untuk meningkatkan kesejahteraan umum, tujuan koperasi pun untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, maka salah besar ketika pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyatnya tidak memfungsikan koperasi.

Pada kesempatan ini, Dekopinda berterima kasih kepada mahasiswa yang telah memfasilitasi sosialisasi koperasi dan berharap mahasiswa bisa memfasilitasi pembentukan koperasi di Desa Darawolong ini.
"Sebab keuntungan koperasi akan kembali lagi kepada anggotanya yang bertransaksi," ucapnya.

Di tempat sama, Kasi Pemerintahan Desa Darawolong, Ahmad Syam memenceritakan, sebelum tahun 2000 di desanya ini ada koperasi pertanian, tetapi saat ini koperasi itu sudah tidak ada lagi.

"Suatu kebanggan bagi kami jika di desa kami ada koperasi, sebab selama ini yang kami perhatikan, banyak masyarakat yang lari ke bank keliling yang bunganya cukup besar," kata dia.

Diakuinya, masyarakat banyak yang masih awam soal koperasi. Seperti soal simpanan wajib koperasi yang masih belum dipahami. Sementara, di desanya ini sekitar 70 persen warganya bekerja di bidang pertanian, sehingga jenis usahanya banyak di pertanian.

"Jika warga yang hadir bisa respon dari sosialisasi ini, kami dari desa akan meneruskan hingga pembentukan koperasi. Saya harap mahasiswa ini punya jejak yang membanggakan di desa ini," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinasi KKN Desa Darawolong, Wirda Noviani Pamungkas mengatakan, sebanyak 21 mahasiswa yang ikut KKN ini termotivasi mensosialisasikan koperasi di desa tersebut, sebab di desa ini tidak ada koperasinya.

Setelah sosialisasi kepada warga ini, kata Wirda, dia akan mengunjungi Karang Taruna setempat agar di desa ini terbentuk koperasi, sebab mereka bisa menjadi remaja kreatif untuk mendirikan koperasi.

"Memang sasaran kita untuk mendirikan koperasi di desa adalah anak-anak muda di desa," kata mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi ini.

Selain sosialisasi perkoperasian, KKN yang dilaksanakan 10 Agustus hingga 10 September 2015 ini juga mensosialisasikan tentang perlindungan perempuan dan anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Tak hanya sosialisasi, mahasiswa-mahasiswi ini melakukan kegiatan langsung mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ke sekolah-sekolah. (spn)











Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -