Baliho Plt Bupati Tidak Akan Diturunkan KPU

KARAWANG, KarawangNews.com - Baliho Plt. Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana bakal aman tidak diturunkan Panwas dan Satpol PP, selama pesan di baliho tersebut bukan ajakan atau kampanye memilih calon bupati incumbent Cellica.

Seperti dijelaskan Sekretaris KPU Karawang, Nandang Ruhyatna, Jumat (28/8/2015) siang di tempat kerjanya. Kata dia, Plt. Bupati Karawang tidak harus mundur dari jabatannya, selama masa kampanye, sesuai surat edaran KPU RI dan Kemendagri.

"Kaitan dengan baliho, harus bisa dibedakan iklan kampanye dan layanan publik," kata Nandang.
Dia menegaskan, selama masa kampanye tanggal 27 Agustus hingga 5 Desember 2015, keenam pasangan calon bupati dan wakil bupati dilarang memasang APK (Alat Peraga Kampanye) di jalan umum maupun di rumah-rumah tim sukses.

"Karena kita yang akan memasangkan baliho semua pasangan calon di tiap desa, bahkan kita juga akan membuat poster dan brosur yang dibagikan oleh KPU ke tim pasangan calon untuk mereka bagikan lagi ke masyarakat," ujarnya.

Dengan demikian, KPU hanya mengijinkan tim pasangan calon membuat kaos dan suvenir yang boleh mereka bagikan kepada masyarakat. KPU pun akan tegas menegur pasangan calon yang beberapa kali tetap memasang baliho, meski sudah beberapa kali diturunkan oleh Panwas dan Satpol PP.

"Jika tim pasangan calon tetap memasang baliho, tidak ada sanksi administrasi dari KPU, kita hanya menurunkan baliho itu. Petugas yang menurunkan adalah Satpol PP sesuai arahan KPU," jelasnya.

Di tempat sama, Ketua KPU Karawang, Risza Affiat mengatakan, pasca menetapkan nomor pasangan calon, kini sudah masuk tahapan kampanye. Pada tahapan kampanye ini ada yang beda dibanding Pilkada tahun sebelumnya.

Pilkada tahun ini, masa kampanye lebih panjang selama tiga bulan dari 27 Agustus hingga 5 Desember 2015 dibanding Pilkada tahun lalu yang hanya diberi waktu 21 hari.

"Dengan waktu kampanye yang panjang, maka pasangan calon bisa melakukan pertemuan tertutup dan terbatas, sehingga mereka bisa langsung turun ke masyarakat, tidak dengan memasang baliho," kata Risza. (spn)







Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -