Pindo Deli Karawang Bagikan 3.000 Al Qur'an

Adil Teguh memberikan Juz Amma kepada anak-anak pondok pesantren.
KARAWANG, KarawangNews.com - Asia Pulp and Paper (APP) melalui unit usahanya PT Pindo Deli Karawang mewakafkan ribuan Al Qur'an untuk masyarakat di sekitar pabrik Pindo Deli, Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan, Kamis (9/7/2015), bersamaan dengan buka puasa bersama di area pabrik PT Pindo Deli 3.

Jumlah wakaf tahun  ini sebanyak 3.000 mushaf Al Qur'an, juga 1.000 buku panduan cara membaca Al Qur'an dan Juz Amma, termasuk 10 set Al Qur'an dengan huruf braile.

Dijelaskan Direktur APP, Suhendar Wiriadinata, wakaf Al Qur'an ini sudah diinisiasi sejak tahun 2008. Ini didasari kebutuhan Al Qur'an di Indonesia yang mencapai 2 juta mushaf Al Qur'an setahun, sedangkan pemerintah hanya mampu mencetak 60 ribu mushaf Al Qur'an setahun.

Kata dia, dari data kementerian didapatkan informasi sebanyak 54 persen orang muslim di Indonesia buta huruf Al quran. Untuk menangani hal itu, perusahaan Sinar Mas mewakafkan Al Quran serta Juz Amma untuk eduksi bagi anak-anak, termasuk bagi warga yang memilikki keterbatasan, perusahaan ini mencetak Al Qur'an dengan bentuk huruf braile.

"Sampai sekarang kami telah mewakafkan sebanyak 400 ribu mushaf Al Qur'an, sedikitnya kami mencetak 100 ribu mushaf Al Qur'an tiap tahun yang disalurkan ke yatim piatu, pemerintah daerah, sekolah, polisi termasuk madrasah," jelasnya.

Kita suci Al Quran ini, kata Suhendar, dicetak dengan kertas yang berkualitas, diproduksi oleh salah satu pabrik Sinar Mas, PT Indah Kiat. Selain itu, kertas yang diberi nama 'Qur'an Paper Product' ini pun merupakan kertas yang diekspor ke Timur Tengah, Suriag, Iran, Irak termasuk Saudi Arabia.

"Jadi, jamaah haji dan umroh yang beli Al Quran di sana kertasnya dari kita, karena di sana tidak ada pabrik kertas," ujarnya.

Kertas yang diproduksi untuk Al Qur'an ini bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indoesia (MUI), sehingga bukan sembarang kertas yang dipakai. Kayu yang digunakan untuk perusahaan kertas ini punya ijin resmi, proses penyimpanannya pun halal.

"Dari bahan baku, penyimpanan hingga produksi bersertifikasi halal MUI," kata dia.

Sementara itu, Deputi Administrasi PT Pindo Deli, Adil Teguh menyatakan, perusahannya telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyalurkan Al Quran kepada masyarakat. Sebanyak 400 ribu mushaf Al Qur'an itu dibagikan kepada masyarakat se-Indonesia.

"Semoga tahun depan Tuhan memberi umur panjang, agar kita bisa berkumpul dan berbagi lagi," jelasnya.

Camat Pangkalan, Usep Supriatna apresiasi dengan wakaf Al Qur'an tersebut, karena Al Qur'an merupakan kitab suci umat Islam. Dia berharap, pemberi dan penerima bisa mengamalkan Al Qur'an.

"Jika semua mengamalkan Al Qur'an, rahmat bagi semuanya, pabriknya dan masyarakat di sekitarnya," kata Usep. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -