KAMMI Gelar Pesantren Ramadhan di Kampung Terpencil

KARAWANG, KarawangNews.com - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PD KAMMI) Karawang menggelar agenda Pesantren Ramadhan 1436 H dan sekaligus peresmian program Desa Mitra di Kampung Kalihurip, Dusun Pajaten, Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur. Sebuah kampung yang masih terpencil dan sebagian besar masih hutan, serta belum mendapatkan saluran energi listrik yang berlokasi di belakang kawasan industri KIIC.

Desa Mitra adalah salah satu program unggulan KAMMI Karawang sebagai wadah pengabdian mahasiswa-mahasiswi yang tergabung di KAMMI terhadap bangsa dalam tataran desa yang sifatnya berkesinambungan atau jangka panjang.

Kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini dilaksanakan selama 5 hari, 6-10 Juli 2015 dengan tema 'Kampung Kalihurip Menghafal Al-Qur'an'. Kegiatan ini di ikuti sekitar 50 orang, yaitu anak-anak usia 6 tahun, siswa SD/SMP/SMA hingga ibu-ibu yang sudah sepuh.

"Dalam pelaksanaannya kami mengajak mereka belajar menghafal Alquran sambil bermain di taman sekolah, sehingga mereka senang mengikutinya dan cepat dalam menghafalnya. Selain itu kami juga mengajak mereka berbuka puasa bersama dan sholat taraweh bersama," kata Ketua Pelaksana, Arief Riyanto, saat penutupan Pesantren Ramadhan 1436 H ini.

Dijelaskannya, tujuannya acara ini yaitu hendak menjadikan Kampung Kalihurip sebagai Kampung Qur'an, sehingga semua penduduknya menjadi jadi penghafal Al Qur'an. Dengan demikian, kegiatan ini akan terus berkelanjutan, tidak terbatas pada penyelenggaraan Pesantren Ramadhan saja.

"Alhamdulillahirobbil alamin, segala bentuk rasa syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, acara bisa terlaksana dengan baik dan lancar, kami mengucapkan terimakasih banyak kepada anak-anak, warga, para tokoh masyarakat dan Kepala Desa Sirnabaya yang telah mendukung terlaksananya program ini," ucapnya.

Di acara penutupan Pesantren Ramadhan ini diisi dengan training motivasi untuk anak-anak, pembagian 70 paket alat tulis, pemberian 60 paket sembako, pemberian 39 eksemplar Al-Qur'an, 70 eksemplar Juz Amma, 10 eksemplar Iqro, 40 buah hijab, serta diakhiri musyawarah warga untuk pembentukan Ikatan Remaja Masjid (Irema) Nurul Hijrah usai tarawih bersama.

Kata Arief, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada kepada para relawan yang telah berkorban untuk membantu pelakasanaan acara ini dan para donatur serta lembaga sosial diantaranya lembaga Aku Berdonasi Karawang, Karawang Peduli Umat, PKPU Karawang, mahasiswa Unsika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Bahasa Inggris semester 6 yang tergabung dalam Class I Community atau ClassIC, KUA Telukjambe Timu dan juga DKM Al Mizan dari PT JVC atas bantuan dan kerjasamanya.

"Semoga bantuan dan kerjasamanya menambah keberkahan dari Allah di bulan yang penuh berkah ini," kata dia. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -