P&G Resmikan Desa Sirnabaya Model Desa Sehat

KARAWANG, KarawangNews.com - Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Barat diresmikan sebagai Desa Sehat P&G, Selasa (12/5/2015) siang. Procter & Gamble (P&G) ini merupakan perusahaan penyedia kebutuhan rumah tangga dan perawatan terkemuka di dunia. Desa Pinayungan ini adalah desa kedua yang dijadikan Desa Sehat P&G setelah Desa Sirnabaya di kecamatan yang sama pada tahun 2013 lalu.

Acara ini merupakan kerjasama antara P&G dan Rumah Zakat (RZ) untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, berprilaku sehat melalui penyediaan sarana kesehatan dan sanitasi di dua desa tersebut.

Dijelaskan Director P&G Indonesia, Nararya S. Soeprapto, berdasarkan potensi desa tahun 2011, Kementerian Kesehatan RI bersama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI bekerjasama mengembangkan program Desa Sehat yang memprioritaskan daerah di perbatasan yang fokus pada pembangunan Puskesmas, bidan desa dan air bersih.

Dalam mendukung upaya pemerintah itu, maka P&G dan RZ bekerjsama membangun pedesaan menjadi sebuah Desa Sehat, yaitu melalui program edukasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), layanan kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir dan anak-anak di Posyandu. Termasuk membangun sarana umum, seperti sumur air dan sanitasi air bersih.

"Sebagai perusahaan produk konsumen terkemuka duni, kami memiliki rasa tanggungjawab, serta punya kesempatan untuk melakukan hal yang benar dan menciptakan perubahan," jelasnya.

Di tempat sama, CRO RZ, Pamungkas Hendra Kusuma mengatakan, P&G telah bermitra dengan RZ untuk program pendidikan usia dini. Hingga saat ini RZ telah meningkatkan kehidupan sekitar 10 ribu anak-anak dan berkomitmen untuk membantu tambahan 10 ribu anak setiap tahunnya, melalui program Mobil Balita Sehat dan Cerdas.

President Director PT P&G Operations Indonesia, Yasphal Mahte mengatakan, pada awal tahun 2015, pemerintah Indonesia sudah membahas mengenai pentingnya program-program untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan, pengembangan Puskesmas, bidan, air bersih dan fasilitas sanitasi higienis.

Dia menyampaikan, P&G percaya akan pentingnya peningkatan kualitas hidup masyarakat dan P&G telah melakukan investasi sosial di seluruh duni untuk menciptakan dampak penting bagi masyarakat.

"Di Kabupaten Karawang, P&G Indonesia memiliki fasilitas manufaktur, sehingga bisa bekerjasama dengan pemerintah setempat dan lembaga masyarakat untuk membantu mempercepat perbaikan fasilitas pelayanan kesehatan di daerah pedesaan," kata dia.

Dengan demikian, sejalan dengan program pemerintah pusar, serta didukung pemerintah daerah, maka P&G dan RZ membangun Desa Sirnabaya dan Desa Pinayungan menjadi model Desa Sehat Kabupaten Karawang. P&G menterjemahkan inisiatif-inisiatif ini menjadi tindakan yang dapat diterapkan sehari-hari, melalui PHBS dan pelayanan ibu hamil, menyusui termasuk bayi yang baru lahir.

Sementara itu, sebagai bagian dari peresmian Desa Sehat, sekitar 28 relawan dan karyawan P&G berpartisipasi menanam 100 pohon buah di sekitar Desa Pinayungan. Agar kelak, buah dari pohon ini bisa dikonsumsi masyarakat sebagai sumber nutrisi gizi.

Pada kesempatan ini pula, Yasphal Mahte bersama Nararya S. Soeprapto, Pamungkas Hendra Kusuma dan Camat Telukjambe Timur, Drs. Ade Sudiana melakukan penanaman pohon di halaman depan Kantor Desa Sirnabaya, juga pelepasan balon ke udara bersama anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Teratai, sebagai tanda diresmikannya Desa Pinayungan sebagai Desa Sehat. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -