Jelang Pilkada, 927 PPS se-Karawang Dilantik

KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 927 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada pemilihan bupati dan wakil bupati Karawang tahun ini resmi dilantik, Senin (18/5/2015) pukul 11.00 WIB di Resto Indo Alamsari, Karawang Barat. Pelantikan ini disaksikan Plt Bupati Karawang, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan, Asisten Pembangunan Setda Karawang dan camat se-kabupaten.

Plt. Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana mengatakan, kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang ini merupakan tugas PPS dan masyarakat.

“Dengan terpilihnya saudara sebagai anggota PPS, merupakan salah satu amanah yang dibebankan dengan tugas berat untuk menjalankan tahapan-tahapan pemilihan,” ujarnya.

Kata dia, anggota PPS harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan Pilkada Karawang 9 Desember 2015, sehingga proses dan hasilnya berjalan dengan baik dan aman.

Tugas pokok dan fungsi PPS sangat strategis, artinya penyelenggaraan Pilkada mulai tahap perencanaan sampai dengan evaluasi, keberadaan PPS ialah ujung tombak sangat menentukan, mengingat PPS merupakan kepanjangan tangan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga kepanjangan tangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan akan melaksanakan kebijakan-kebijakan organisasi di tingkat desa dan melaksanakan koordinasi dengan KPPS sebagai implementor di tingkat desa dan kelurahan.

Selain itu, kata Cellica, dia menaruh harapan kepada anggota PPS-PPK yang baru saja dilantik untuk segera melakukan koordinasi internal, secara vertikal maupun horizontal agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan Pilbup di Kabupaten Karawang dapat terlaksana dengan baik.

"Saya yakin aman, karena Pilkades kemarin bisa aman dan terkendali, dipastikan Pilkada pun akan aman dan lancar," jelasnya.

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Risza Affiat mengatakan, sangat penting bagi para anggota PPS untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, sebab jika tugas ini tidak dilaksanakan dengn baik, maka dapat terjadi berbagai pelanggaran dalam pelaksanaan pemilihan.

Terlebih Pemilihan Umum (Pemilu) ini merupakan pilar dalam kehidupan demokrasi, merupakan akumulasi dari kehendak rakyat untuk memilih pemimpinnya,

“Dengan demikian, peran dan fungsi PPS sangat menentukan,” ujarnya. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -