Imigrasi Karawang Amankan 7 Warga Asing

KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 7 warga negara asing yang diketahui melanggar aturan keimigrasian di amankan Imigrasi Karawang. Ketujuh warga asing itu berasal dari Tiongkok dan Korea, mereka diamankan pihak imigrasi saat menggelar operasi pengawasan Bhumi Wirbhawa di wilayah Karawang dan Purwakarta pada 5-7 Mei 2015.

"Mereka kita amankan karena visa paspor mereka tidak sesuai dengan peruntukan. Empat orang kita amankan di Purwakarta dan tiga orang di Karawang," kata Kepala Imigrasi Karawang, Fanny Satria kepada wartawan, Jumat (8/5/2015).

Kata Fanny, sedikitnya ada 24 perusahaan dan 50 tenaga kerja asing yang diperiksa kelengkapan dokumen imigrasinya, dari 50 orang asing tersebut ada 7 orang diamankan karena diduga melanggar peraturan keimigrasian.

"Mereka masih kita amankan dan pemeriksaan masih berlanjut," Katanya.

Dikatakan Fanny, jika hasil pemeriksaan mereka terbukti melanggar peraturan keimigrasian, maka akan diambil tindakan, yaitu pengusiran atau deportasi dari wilayah Indonesia.

Namun jika hasil pemeriksaan mereka melakukan tindakan pidana, maka akan dilakukan tindakan keimigrasian sebagai mana dimaksud dalam pasal 122 huruf a Undang-undang N0. 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian

"Kalau sudah ada dua alat bukti yang cukup tentu mereka akan kita proses sampai ke Karena pengadilan. Tiga  warga asing yang ditangkap di Karawang datang ke Indonesia untuk meminta sumbangan ke masyarakat, alasannya untuk membangun kuil-kuil," jelasnya.

Kantor Imigrasi Karawang juga juga mengancam akan menyeret pihak sponsor yang terbukti ikut melakukan tindak pidana keimigrasian sebagaimana dimaksud dalam pasal 122 huruf b Undang-undang No. 6 tentang keimigrasian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Jika terbukti memberi kesempatan kepada warga asing melakukan kegiatan tidak sesuai dengan ijin tinggal, pasti akan kita proses," ungkap Fanny. (nil)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -